Menu Click to open Menus
Home » Infrastruktur » PLTU Tanjung Bara Suplay Listrik Sangatta dan Sekitarnya

PLTU Tanjung Bara Suplay Listrik Sangatta dan Sekitarnya

(500 Views) Maret 9, 2018 8:23 am | Published by | No comment

Sangatta – Dengan diresimikannya Pembangkit Listrk Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Bara milik PT. Kaltim Prima Coal (KPC), kebutuhan listrik Warga Sangatta dan kecamatan sekitarnya akhirnya dapat terpenuhi

Proyek dengan kapasitas tiga kali delapan belas mega watt tersebut, dibangun sejak tahun 2011 lalu. Kehadiran excess power ini melengkapi kapasitas PLTU Tanjung Bara, yang sebelumnya hanya memiliki dua kali lima Megawatt. Dengan penambahan kapasitas,  PLTU Tanjung Bara memiliki total kapasitas sebesar enam puluh Megawatt, dimana 18 MW diantaranya, telah berkontrak atau diperjualbelikan kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN). Pengoprasian PLTU tersebut, telah dirasakan manfaatnya pada sekitar dua puluh lima ribu keluarga di Kutai Timur .

Wakil Bupati Kutai Timur,Kasmidi Bulang yang hadir dalam peresmian PLTU tersebut, menyampaikan ucapan terimakasih atas beroperasinya PLTU Tanjung Bara. Dengan suplay listrik dari PLTU tersebut kebutuhan listrik warga Sangatta dan Rantau Pulung serta untuk aliran listrik perkantoran bukit pelangi akhirnya terpenuhi.

Di hadapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan yang meresmikan PLTU Tanjung Bara, Kasmidi melaporkan bahwa seratus tiga puluh Sembilan desa dan pedalaman di Kutai Timur, masih belum keseluruhan dapat menikmati terangnya listrik. Dari seratus tiga puluh Sembilan desa, baru sekitar empat puluh dua desa yang teraliri listrik dua puluh empat jam, sedangkan delapan puluh enam desa lainnya, dialiri listrik antara empat sampai delapan belas jam saja, tujuh desa diantaranya sedang dalam proses pengaliran listrik selama dua puluh empat jam.

Beroperasinya PLTU Tanjung Bara membantu masyarakat Kutai Timur untuk menikmati terangnya aliran listrik dengan harga yang terjangkau yang dikelola oleh PLN.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for PLTU Tanjung Bara Suplay Listrik Sangatta dan Sekitarnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.