Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » PMI Kutim Minim Sarana Prasarana

PMI Kutim Minim Sarana Prasarana

(878 Views) April 26, 2017 2:24 pm | Published by | 2 Comments

Sangatta – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kutai Timur masih kekurangan sarana dan prasana operasional. Memiliki tugas kemanusian yang berhubungan dengan kesehatan manusia, organisasi tersebut masih belum dilengkapi peralatan medis yang memadai dan kendaraan operasional maupun ambulan yang standar.

Saat ini PMI Kutim hanya memiliki satu unit ambulan dan dalam keadaan yang tidak sesuai standar, ambulan tersebut merupakan bantuan dari Provinsi Kalimantan Timur yang merupakan ambulan bekas operasi di Aceh. Selain kendaraan, peralatan kesehatan seperti tandu dan fasilitas medis dasar untuk pertolongan pertama di lapangan masih dirasa kurang.

Minimnya anggaran yang diterima PMI, dikarenakan kesulitan keuangan berdampak juga pada penyediaan sarana medis lainnya. Seperti pada unit transfuse darah, PMI masih kekurangan kantong darah dan kapasitas ruangan penyimpanan darah.

Menurut Kepala Bidang Penanggulangan Bencana PMI Kutai Timur, Wihelmus Woi Doi yang kerap dipanggil Ewil mengatakan, sejauh ini jika terkait dengan insiden atau operasi di lapangan, PMI berbagi tugas dengan BPBP, Basarnas dan organisasi kemanusian lainnya. Namun jika PMI turun sendiri, seperti adanya kecelekaan di jalan, tidak jarang evakuasi korban menggunakan fasilitas seadanya, terkadang menggunakan kendaraan oprasional Inova, karena ambulan yang ada sering macet.

Lebih lanjut, Ewil mengatakan, dengan anggaran yang ada PMI tetap dapat optimal menjalankan tugas di lapangan, selain dari Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, PMI juga mendapatkan bantuan langsung dari PT. KPC Sebesar Seratus Dua Puluh Lima Juta Rupiah per tahunnya. Dirinya beryukur karena sebelumnya Ketua PMI Kutai Timur, yang juga Bupati Kutai Timur, Ismunandar, menjanjikan akan membangun bangunan baru untuk PMI dan juga menambah armada ambulan di lapangan.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments