Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Polres Kutim Rilis Kasus Pembakaran Lahan

Polres Kutim Rilis Kasus Pembakaran Lahan

(451 Views) Oktober 5, 2015 9:12 am | Published by | No comment

Sangatta. Polres Kutai Timur akhirnya merilis kasus pembakaran lahan yang kini kerap terjadi di Kutai Timur. Melalui Satuan Reserse dan Kriminal, Polres Kutim menggelar kasus terhadap 2 tersangka yang diindikasi sebagai pembakar lahan.

Wakapolres Kutim Kompol I Nyoman Suantara didampingi Kasat Reskrim AKP Andika Dharma Sena, mengatakan bahwa dari bebrapa laporan yang masuk ke Polres Kutim dan Polsek-polsek seKutai Timur, ada 3 laporan yang kini sudah ditindak lanjuti. Yang pertama laporan pembakaran lahan di wilayah kenyamukan Sangatta Utara pada tanggal 30 September 2015 dengan tersangka Si. Selanjutnya 2 laporan dari Polsek Bengalon dilokasi Rawa Indah Muara Bengalon, pada tanggal 29 September dengan tersangka HN. Sementara laporan kedua di Desa Tepian Langsat Kecamatan Bengalon, perkaranya kini masih dalamproses penyidikan.

Dikatakan Sena, dari kedua tersangka yang kini telah diamankan di Polres Kutim, keduanya tertangkap tangan telah melakukan pembakaran lahan, dan sudah berulang-ulang melakukannya. Kedua tersangka dijerat dengan Undang-Undang Perkebunan, dengan sanksi penjara minimal 10 tahun. Selain itu, keduanya juga dikenakan pasal 187 KUHP dengan sanksi penjara minimal 12 tahun.

(voice)

Lebih jauh dikatakan Kompol I Nyoman, upaya yang kini dilakukan Polres Kutim merupakan syok terapi dan penjeraan kepada para pelaku pembakaran lahan agar tidak semena-mena melakukan pengrusakan lahan dengan cara membakar dan juga mengakibatkan gangguan kabut asap yang merugikan semua pihak. Namun tentunya jajaran Polres Kutim hingga ke tingkat Polsek juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya di kecamatan untuk tidak melakukan kegiatan pembakaran lahan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments