Menu Click to open Menus
Home » Pendidikan » PPPA Kutim Cegah Pola Asuh Patogonik Melalui Sosialisasi Parenting Skill

PPPA Kutim Cegah Pola Asuh Patogonik Melalui Sosialisasi Parenting Skill

(103 Views) Mei 9, 2018 5:24 pm | Published by | No comment

 

Sangatta – Menyadari pentingnya pola asuh terhadap perkembangan anak hingga dewasa, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindingan Anak (PPPA) Kutai Timur, menggelar sosialisasi parenting skill dengan tema mencegah pola asuh patogenik, penyebab ketidak suksesan anak.

Menurut Kepala PPPA Kutai Timur, Aisyah, masih banyak orang tua yang menerapkan pola asuh yang salah terhadap anak atau patogenik, terutama bagi orang tua yang dua-duanya bekerja, sehingga perhatian terhadap anak berkurang dan tanpa sengaja membiasakan perilaku yang salah, seperti penggunaan handphone dan internet pada anak yang masih berusia dini, sehingga mereka masih belum bisa membedakan mana yang baik dan buruk.

Aisyah menegaskan, banyaknya kasus kekerasan rumah tangga, pelecehan maupun berbagai kejahatan lain, salah satu faktornya karena pedidikan dalam keluarganya yang didapat salah, sehingga membentuk pribadi yang salah juga, selain itu salah pola asuh juga berdampak pada kesuksesan anak.

Sosialiasi yang digelar di Gedung Wanita, Kamis, 9 Mei tersebut terselenggara atas kerjasam PPPA Kutai Timur bersama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kutai Timur.
Menghadirkan narasumber seorang Psikolog, Yulia Wahyu Nungrum, kegiatan tersebut dihadiri para guru, orang tua, camat, dan perwakilan PKK kecamatan.

Dalam materinya, Yulia Wahyu Ningrum menyebutkan, pola asuh anak adalah suatu hubungan interaksi antara orang tua dan anak, secara konsisten dari waktu ke waktu yang melibatkan aspek sikap, nilai dan kepercayaan orang tua. Penerapan pola asuh menurutnya bisa tercermin dari pola interaksi, penerapan aturan dalam rumah tangga, serta penerapan sistem reward dan punisment pada anak.

Menutup kegiatan tersebut, Aisyah menyampaikan harapan agar para peserta yang mengikuti sosialisasi memahami cara mendidik anak yang baik, yang selanjutnya dapat meneruskan informasi tersebut kepada orang sekitarnya.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for PPPA Kutim Cegah Pola Asuh Patogonik Melalui Sosialisasi Parenting Skill

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.