Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pramuka Kutim Go Internasional

Pramuka Kutim Go Internasional

(741 Views) November 25, 2015 11:24 am | Published by | 1 Comment

Kepramukaan di Kutim tak lagi diragukan di kancah nasional, bahkan internasional. Setelah beberapa waktu lalu Kwarcab Pramuka Kutim yang bergabung dengan Kwarnas untuk mengikuti Jambore international di Jepang, belum lama ini juga mengirimkan utusan pramukan Kutim ke Singapora pada even SG 50 International di Singapura.

Menurut Sekretaris Kwarcab Pramuka Kutim Supratman, kegiatan jamboree internasional di Singapura itu merupakan salah satu agenda yang digelar tuan rumah guna memperingati hari ulang tahun negeri tersebut ke 50 tahun. “Indonesia sebagai Negara tetangga selalu ikut serta jamboree internasional di Jepang yang dilaksanakan empat tahun sekali, termasuk Pramuka Kutim juga turut berpartisipasi di dalamnya,” kata Supratman.

Sebelum berangkat mengikuti jamboree internasional di Singapura, peserta diseleksi. Mereka sudah mengikuti berbagai tes keterampilan dan bahasa, sehingga bisa lolos seleksi untuk ikut jamboree internasional di Singapura.

Dari pelajar yang aktif ikut pramuka dan lolos seleksi itu terdiri dari sejumlah sekolah yang ada di Kutim, seperti SMP negeri Bengalon, SMP Sangkulirang, SMP Sangatta Utara dan sebagainya. “Ini menjadi motivasi bagi pelajar lain untuk ikut aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, khususnya kegiatan pramuka. Jika memiliki keterampilan yang baik tentunya akan diikutikan ke jenjang kepramukaan di tingkat nasional maupun internasional, tentunya melalui seleksi terlebih dulu,” jelas Supratman lagi.

Jambore internasional di Singapura itu digelar sejak 17 hingga 22 Nopember lalu diikuti 27 negara di dunia, termasuk Indonesia. Diharapkan, keikutsertaan pramuka pelajar Kutim ini memberikan tambahan wawasan dan pengalaman serta menambah teman di dunia internasional. Melalui kegiatan jambore seperti itu, memang sangat menyenangkan, lantaran banyak kegiatan yang diikuti dan menambah pengalaman pribadi maupun organisasi.

Diharapkan, melalui kegiatan pramuka para pelajar bisa mandiri dan memiliki keterampilan, sehingga mampu menjadi bekal dalam menjalani kehidupan di tengah masyarakat nantinya. Melalui kegiatan kepramukaan, pelajar bisa mengenal banyak teman dan memiliki berbagai keterampilan maupun manajemen.

“Yang jelas, seseorang atau pelajar yang aktif di pramuka bisa diandalkan. Kerjanya juga baik dan memiliki banyak teman,” tambah Supratman.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kutim Iman Hidayat sangat mendukung kegiatan pramuka di daerah ini. Terlebih lagi pramuka sudah menjadi kegiatan ekrakurikuler wajib bagi sekolah, sehingga akan memberikan tambahan keterampilan baik pelajar di daerah ini.

“Kita harapkan pramuka di Kutim semakin maju dan terus mengikuti jambore-jambore yang digelar organisasi kepramukaan, baik tingkat regional, nasional maupun internasional. Langkah itu dimaksudkan, agar para pelajar mampu mengenyam lebih banyak lagi prestasi di luar akademik,” kata Iman.

Dengan keikutsertaan pramuka yang notabene pelajar di Kutim, diharapkan mampu meningkatkan prestasi di berbagai bidang, khususnya pramuka. Sebab, mengikuti jamboree tingkat internasional juga memerlukan bekal dan keterampilan yang tidak mudah. Setidaknya menguasai bahasa Inggris yang baik dan memiliki modal keterampilan khusus untuk ditampilkan di arena jamboree tersebut,” tambah mantan Kabid Fispra Bappeda Kutim ini.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments