Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Presiden Jokowi Resmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy, Jokowi Sebut, Sudah banyak Investor Yang Antri

Presiden Jokowi Resmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy, Jokowi Sebut, Sudah banyak Investor Yang Antri

(112 Views) April 2, 2019 11:26 am | Published by | No comment

Sangatta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di kawasan timur Indonesia pada, Senin (1/4/2019) Kemarin. Tiga KEK yang diresmikan tersebut adalah KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK) di Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur (Kaltim), KEK Bitung (Sulut) dan KEK Morotai (Maluku Utara). ketiga KEK ini diresmikan presiden Jokowi secara bersamaan yang dipusatkan di Bandara Sam Ratulangi, Manado Sulawesi Utara.

Dilansir dari Humas Kaltim, Presiden Jokowi kepada wartawan disela- sela peresmian mengatakan, kita sudah mulai, yaitu lapangan kerja sudah terbuka, investor sudah banyak yang antri. KEK MBTK dikatakan, telah mendatangkan beberapa investor dengan total komitmen investasi sebesar 995 miliar. investor tersebut diantaranya kilang Kaltim Continental yang bergerak di bisnis kilang BBM  dengan komitmen investasi sebesar 945 miliar dan Anugerah Energitama yang bergerak di bidang bisnis tangki timbun dengan komitmen investasi 50 miliar.

Dengan adanya KEK, industri pengolahan dan industri lainnya bisa berkembang didalam negeri sehingga tidak lagi mengekspor bahan mentah melainkan produk yang memilki nilai tambah yang lebih tinggi. ditambahkannya, nantinya akan ada pengolahan industri dalam negeri, baik untuk perikanan, kelapa sawit dan produk- produk perkebunan lainnya, termasuk didalamnya pariwisata. selain itu, dengan banyaknya investasi yang masuk ke wilayah tersebut, lapangan pekerjaan tentu akan terbuka lebar. sehingga masyarakat setempat akan turut merasakan hasil pembangunan tersebut. salah satunya, industri pengolahan, industri lainnya yaitu pabrik- pabrik akan buka di kawasan- kawasan industri tersebut sehingga diharapkan terbukanya lapangan pekerjaan sebanyak- banyaknya.

Sejumlah KEK yang diresmikan tersebut masing- masing memiki fokus pengolahan komoditas pertanian dan perikanan pada daerah setempat. KEK Maloy sendiri,yang memiliki luas 557 Ha akan ditujukan sebagai kawasan pengolahan kelapa sawit, energi dan logistik. KEK Maloy kaya akan sumber daya alam terutama kelapa sawit sehingga diharapkan akan menjadi pusat pengolahan komoditas tersebut dan semua produk turunannya disamping industri lain seperti mineral, gas dan batu bara.

Sementara itu, Kepala Biro infrastruktur Setdaprov Kaltim Lisa Haslina bersyukur atas diresmikannya KEK MBTK tersebut oleh Presiden Jokowi. Ia berharap, KEK Maloy menjadi penggerak ekonomi andalan Kaltim di masa depan.

Hadir mendampingi Presiden Jokowi, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Mensesneg Pramono Anung, sebagai tuan rumah Gubernur Sulut Olly Dondokambey serta sejumlah bupati dan walikota.Sementara dari Kaltim dihadiri Sekretaris Daerah Kutai Timur Irawansyah, dan juga Direktur Utama Perusda Melati Bhakti Satya (MBS) Agus Dwitarto.

Voice : Ester Pakabu

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for Presiden Jokowi Resmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy, Jokowi Sebut, Sudah banyak Investor Yang Antri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.