Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Program Sapa Warga Untuk Kurangi Angka Warga Belum Ber-KTP-EL

Program Sapa Warga Untuk Kurangi Angka Warga Belum Ber-KTP-EL

(182 Views) Desember 19, 2017 3:08 pm | Published by | No comment

Sangatta – Masih banyaknya masyarakat Kutai Timur yang belum memiliki KTP-EL, bahkan belum melakukan perekaman, dinilai serius oleh Bupati Kutai Timur, Ismunandar, terlebih kelengkapan dokumen pribadi tersebut, akan menjadi syarat dalam Pemilihan Umum yang akan segera dilaksanakan. Dalam Rapat Coffee Morning yang digelar bersama dengan para Kepala SKPD, Senin, 18 Desember, Ismu menyampaikan agar para petugas langsung menjemput bola, mendatangi masyarakat yang belum melakukan perekaman, salah satunya melalui program Sapa Warga agar dapat mengurangi jumlah warga yang belum memiliki KTP-EL.

Program sapa warga, merupakan program yang dilaksanakan dengan mendatangi langsung warga, diseluruh RT secara bergiliran, dan memberikan sejumlah pelayanan kepada warga mulai dari pendataan warga, pemberian pelayanan kesehatan, pembuatan akte, bahkan pengecekan apakah hunian warga sudah dilengkapi jamban. Dengan program sapa warga tersebut diharapkan warga yang belum melakukan perekaman dapat langsung diketahui dan dapat langsung melakukan perekaman pada kegiatan dilakukan di RT-nya.

Menurut Ismu, masih banyak masyarakat yang belum memiliki KTP-EL meskipun berdomisili di kota Sangatta, untuk itu diminta petugas untuk lebih aktif jemput bola, seperti yang dilaksanakan di kecamatan yakni program Sapa Warga. Semua warga didata apakah sudah memiliki KTP-EL atau kartu keluarga. Nantinya semua kecamatan diminta untuk giat dalam program tersebut.

Berbagai upaya juga sudah dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Timur pada setiap tahunnya, mulai langsung melakukan perekaman di sekolah-sekolah, di perusahaan maupun juga memberikan pelayanan  pada hari Sabtu dan Minggu. Namun karena keterbatasan anggaran di tahun ini, perekaman langsung KTP-EL di kecamatan mengalami kendala, namun kegiatan tersebut akan kembali dilangsungkan pada tahun mendatang, demikian yang disampaikan Kepala Disdukcapil Kutai Timur, Januar Harlian.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Categorised in:

No comment for Program Sapa Warga Untuk Kurangi Angka Warga Belum Ber-KTP-EL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.