Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Progres Raperda Pemilihan Kepala Desa Masuki Tahap Akhir

Progres Raperda Pemilihan Kepala Desa Masuki Tahap Akhir

(2976 Views) Juli 28, 2016 8:54 am | Published by | 230 Comments

Sangatta. Pemerintah Kutai Timur bersama DPRD Kutim terus menggenjot progres pembuatan Peraturan Daerah (Raperda) Pemilihan Kepala Desa, agar bisa disahkan sebelum bulan Desember tahun ini. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kutim Erlyan Noor didampingi Kasubid Perangkat dan Administrasi Desa dan Kelurahan, Muhammad Rusdy, mengatakan bahwa saat ini progres penyusunan Raperda tentang Pemilihan Kepala Desa sudah memasuki tahap akhir dan diplenokan oleh Pansus di DPRD.

Kemudian tinggal menunggu tahapan agar raperda ini diparipurnakan dan disahkan menjadi Perda. Dikatakan Rusdy, pihaknya baru saja menyelesaikan konsultasi dengan Biro Hukum Provinsi Kaltim terkait perbaikan penulisan dan redaksional Perda tersebut.

Ditambah lagi adanya revisi pemangkasan tidak perlu terlalu banyak konsiderat hukum pada perda tersebut. Hasil konsultasi ini tinggal dilaporkan pihak pansus kepada Badan Legislasi (Banleg) DPRD Kutim, untuk kemudian dijadwalkan paripurnanya. Terkait pengesahan Perda, Rusdy mengatakan memang Pemerintah Kutim menargetkan agar sebelum Desember tahun ini, perda tersebut sudah disahkan. Namun pada pelaksanaannya, Rusdy menilai lebih efektif jika dilaksanakan pada tahun depan agar lebih serempak tahapan pelaksanaanya di seluruh desa di Kutim. Selain itu BPMPD Kutim telah menyiapkan draf Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur tekhnis dan penjabaran Perda Pilkades dan pelaksanaannya di lapangan.

(Voice : BPMPD M Rusdy – Progres Perda Pilkades)

Sebagaimana diketahui, hingga akhir tahun ini ada sebanyak 78 Desa di Kutai Timur yang dipimpin oleh Pejabat Sementara (PjS) Kepala Desa. Sehingga dianggap roda pemerintahan di desa tidak berjalan efektif karena PjS Kepala Desa tidak dapat mengambil keputusan yang krusial terutama permasalahan keuangan. Sehingga Pemerintah Kutim bersama DPRD Kutim menargetkan agar Perda Pilkades ini bisa disahkan sebelum bulan Desember mendatang.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

230 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments