Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Proses Deliniasi TNK Bakal Tertunda

Proses Deliniasi TNK Bakal Tertunda

(438 Views) November 24, 2015 12:20 am | Published by | No comment

Sangatta. Proses Pemkab Kutim dalam melakukan inventarisasi dan pemasangan tapal batas sementara pada wilayah Taman Nasional Kutai (TNK) yang meliputi dua Kecamatan yakni Sangatta Selatan dan Teluk Pandan sepertinya bakal tertunda. Pasalnya, walaupun dana sudah dikucurkan oleh Pemkab Kutim namun waktu kerja di lapangan dinilai tidak mencukupi. Sehingga pekerjaan ini kemungkinan baru akan dilanjutkan pada tahun depan. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kehutanan Kutai Timur Idham Edwin didampingi Kepala Bidang Inventraisasi dan Tata Guna Hutan Samsidiharto.

Kepada awak media dirinya menuturkan, saat ini proses deliniasi meliputi inventarisasi  dan penetapan tapal batas sementara terhadap kawasan TNK yang telah dilakukan enclave, tengah dilakukan. Namun pihaknya pesimis proses ini tidak bisa disempurnakan hingga penetapan tapal batas permanen. Pasalnya waktu kerja yang disediakan dalam anggaran perubahan tahun ini tidak mencukupi.

Lanjut Samsidianto, anggaran yang dikucurkan Pemkab Kutim sebesar Rp1,2 Miliar baru bisa dicairkan bulan ini. Sementara target pengerjaannya mencapai waktu sekitar 20 hari kerja. Selain itu tenaga yang diturunkan adalah dari pusat yakni dari BPKH dan TNK sendiri. Tentu dari segi pertanggungjawaban (SPJ) anggaran dinilai tidak memenuhi logika kerja karena waktu yang terlalu singkat. Belum lagi ada beberapa desa yang belum mau menerima hasil inventarisasi dari tim yang ada. Seperti meminta sebagian lahan mereka dimasukkan dalam hasil deliniasi dan pemetaan. Sehingga dipastikan pemetaan dan penetapan tapal batas ini masih harus melewati waktu yang cukup panjang.

(voice)

———–

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments