Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pusat Harus Beri Kompensasi Nyata Jika PBB dan BPHTB Dihapuskan

Pusat Harus Beri Kompensasi Nyata Jika PBB dan BPHTB Dihapuskan

(599 Views) Februari 10, 2015 8:58 pm | Published by | No comment

Sangatta. Wacana Mentri Agraria dan Tata Ruang, Ferry Mursyidan untuk menghapuskan Pajak Bumi Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), menurut Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kutai Timur Yulianti, masih merupakan wacana dan hingga kini belum ada realisasinya.
Didampingi Kabid PBB dan BPHTB Awang Amir Yusuf serta Kabid Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Musyaffa, Yuli menjelaskan, jika pemerintah pusat menghapuskan PBB dan BPHTB maka akan menjadi kerugian terbesar bagi pemerintah, terlebih PBB dan BPHTB merupakan penyumbang separo pemasukan dalam APBN. Selain itu, jika memang pemerintah menghapuskan kedua item tersebut, maka Pusat harus ada kompensasi yang jelas kepada Pemerintah Daerah, karena kedua item ini merupakan komponen pendapatan asli daerah (PAD).
Ditambahkan Musyaffa, daripada pemerintah menerapkan penghapusan PBB dan BPHTB, ada baiknya pemerintah memberlakukan keringanan dan penghapusan atau pemutihan terhadap wajib pajak yang terhutang. Bahkan jika mengacu pada Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 yang menjadi acuan pungutan pajak daerah, Pemda bisa memberikan keringanan hingga 70 persen bagi golongan tertentu yang menjadi wajib pajak, seperti Petran Tentara dan lainnya.
(voice)
Lebih jauh dikatakan, dari PBB dan BPHTB yang menjadi target Dispenda pada tahun 2014 sebesar Rp30 miliar, hingga bulan ini terealisasi lebih dari Rp36 miliar. Hal ini jika dihapuskan maka akan menjadi gerugian yang besar bagi daerah. Sementara itu 100.000 wajib pajak di Kutim, masih ada 70 persen wajib pajak yang terhutang karena tunggakan sejak 2004 silam hingga 2014 saat PBB sektor P2 ini diserahkan kepada daerah. Jika potensi ini dapat digali maka dipastikan pemasukan daerh akan jauh lebih besar lagi.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments