Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » PUSKESMAS TELUK LINGGA BERANTAS DBD DENGAN GERTAK PSN

PUSKESMAS TELUK LINGGA BERANTAS DBD DENGAN GERTAK PSN

(2942 Views) Mei 25, 2015 5:10 am | Published by | 105 Comments

Sangatta– Kecenderungan peningkatan kasus DBD di desa teluk lingga, khususnya di RT 12 membuat dinas kesehatan kabupaten kutai timur melalui UPT puskesmas teluk lingga mengadakan GERTAK PSN yaitu gerakan serentak pemberantasan sarang nyamuk. Kegiatan ini di ikuti petugas puskesmas teluk lingga, lurah beserta staf kelurahan teluk lingga, ketua RT 12, tokoh masyarakat, tokoh agama, kader jumantik dan seluruh warga RT 12. dalam kegiatan ini terlebih dahulu diadakan sosialisasi oleh petugas dari puskesmas dan sambutan oleh bapak lurah teluk lingga Baharuddin. S.Sos, dilanjut dengan pembagian bubuk abate dan terakhir kegiatan jumat bersih yaitu kegiatan gotong royong warga membersihkan seluruh lingkungan , terutama parit parit di sepanjang jalan gg garuda RT 12 teluk lingga.

Dr. Murni selaku kepala puskesmas Teluk Lingga mengatakan bahwa kegiatan ini sudah berjalan dari tahun 2013, dan dilakukan setiap 2 bulan sekali, namun kegiatan ini baru pertama kali di lakukan di desa teluk  lingga. Kegiatan ini dilaksanakan secara bergiliran di tiga desa di kecamatan sangatta utara yaitu desa swarga bara, singa gembara dan teluk lingga.dan setiap 3 bulan sekali akan di lakukan evaluasi di tiap desa dengan mewakilkan kader kader nya.

voice

Haryati selaku sekretaris lurah teluk lingga saat mengikuti kegiatan ini menilai bahwa lingkungan RT 12  masih belum tertata rapi, masih banyak rumput rumput liar di halaman rumah para warga dan banyak drum drum tempatpenampungan air yang tidak tertutup, ini lah yang membuat jentik jentik nyamuk berkembang biak dengan baik, haryati menghimbau untuk ibu ibu rumah tangga khususnya selalu rajin melakukan pembersihan rumah dan menerapkan pola hidup sehat. Menurut keterangan ketua RT setempat Mugi, sepanjang tahun 2015 ini dari bulan januari hingga mei sudah terjadi 6 kasus, antara lain 1 orang dewasa dan 5 anak anak.

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue yang mengakibatkan deman dan bisa menimbilkan pendarahan.gejala DBD yang paling mengerikan terjadinya pendarahan yang signifikan yang dapat menyebabkan  tekanana darah menjadi turun (drop) yang dapat menyebabakan shock bahkan kematian.virud dengue ditularkan kepada manusia lewat gigitan nyamuk Aedes Aegepty ytang memiliki ciri ciri, mempunyai bintik biktik putih pada badan dan kaki, berkembang biak dengana baik di genangan air yang jernih, mampu terbang sejauh 100-200 m, mengigit pada waktu pagi dan sore hari.

DBD penyakit berbahaya yang bisa berujung pada kematian, DBD tidak ada obatnya, oleh kaarena itu hanya pencegahan lah yang bisa kita lakukan, yaitu dengan langkah 3 M, pertama yaitu menutup rapat rapat tempat penampungan air, Menguras bak mandi minimal 1 kali seminggu, dan Mengubur barang barang bekas, terutama kaleng kaleng dan wadah bekas yang bisa menampung air, selain itu yang terpenting adalah untuk selalu utamakan kebersihan dan menjaga kesehatan, karena sehat itu mahal.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

105 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments