Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Raperda Pemilihan Kepala Desa Akhirnya Disetujui DPRD

Raperda Pemilihan Kepala Desa Akhirnya Disetujui DPRD

(2848 Views) Agustus 8, 2016 4:25 pm | Published by | 232 Comments

Sangatta – Setelah disetujui anggota lembaga legeslatif, tehadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pemilihan Kepala Desa, kemarin senin (8/8/16) diruang Sidang Utama DPRD Kutai Timur, Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang mengatakan Raperda Pemilihan Kepala Desa tersebut merupakan salah satu program prioritas daerah berdasarkan kondisi daerah saat ini Kabupaten Kutai Timur yang terdiri atas 133 Desa terdapat 61 Desa yang dipimpin oleh Pejabat (Pj) Kepala Desa.

Dengan masih adanya Desa yang dipimpin Pj Kepala Desa tersebut tidaklah sesuai dengan amanat Undang-Undang tentang Desa tersebut, dimana Undang-Undang tentang Desa mengamanatkan bahwa Desa perlu dilindungi dan diberdayakan agar menjadi kuat, maju, mandiri dan demokratis untuk mencapai tujuan demokratis tersebut. Peraturan Mentri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 112 tahun 2014 tentang pemilihan kepala desa telah mengatur tentang azas demokratis dalam suatu desa. Dalam pasal 1 angka 5 yang mengamanatkan bahwa pemilihan kepala desa adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa dalam rangka memilih kepala desa yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Untuk itu, masyarakat desa berhak untuk menentukan berdiri sendiri pemimpin ditingkat desanya berdasarkan mekanisme pemilihan kepala desa. Berdasarkan uraian tersebut Pemerintah Daerah perlu mengatur mekanisme pemilihan kepala desa berdasarkan amanat pasal 31 ayat 2 UU nomor 6 tahun2014 tentang desa yang menyatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten menetapkan kebijakan kepada pelaksanaan pemilihan kepala desa secara serentak dengan peraturan daerah. Dengan demikian untuk menunjang kelancaran tugas Pemerintah ditingkat desa Raperda pemilihan kepala desa merupakan suatu kebutuhan daerah, sehingga merupakan suatu program prioritas Pemerintah untuk segera menyusun dan ditetapkan oleh legeslatif menjadi suatu peraturan daerah.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Kasmidi Bulang, berterima kasih banyak atas Raperda yang telah disetujui oleh anggota Dewan DPRD Kabupten Kutai Timur, tentang pemilihan kepala Desa. Hal tersebut dikatakannya adalah hasil kerja bersama terutama antar Pansus Legeslatif dan unit kerja yang terkait. Terselesainya Raperda tersebut, merupakan bukti kepedulian dan keseriusan Pemerintah Daerah dan Para Anggota Dewan yang dalam melaksanakan tugas fungsi khususnya dalam membentuk produk hukum yang bermanfaat berkeadilan dan berkepastian hukum di Kabupaten Kutai Timur.

Lebih jauh, Kasmidi menambahkan saran, pendapat dan apresiasi yang disampaikan anggota dewan dalam pembahasan yang intensif menjadikan Raperda tersebut menjadi lebih lengkap, solid, demokratis, serta lebih transparan. Kesemuanya itu dimaksudkan untuk memberikan kepastian hukum bagi masyarakat maupun aparatur Pemerintah Daerah dalam mewujudkan pembangunan daerah berdasarkan visi dan misi Kabupaten Kutai Timur kedepan.

Dia mengungkapkan Raperda tentang Pemilihan Kepala Desa tersebut, sengaja diajukan dan dibahas terlebih dahulu mengingat urgensi dilaksankannya pemilihan kepala Desa yang defitif untuk menggantikan posisi Pj Kepala Desa yang ada sehingga lebih menjamin kepastian hukum dan segera setelah disahkannya Raperda tersebut pemilihah kepala desa menjadi perturan daerah maka akan kembalikan mengajukan Raperda perangkat desa sebagi intstrumen yang tidak dapat terpisahkan dari Raperda Pemilihan Kepala Desa.

Voice Wakil Bupati

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

232 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments