Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Ratusan Marga Muhammadiyah Sangatta Laksanakan Sholat Gerhana / GMT 80 Persen Terlihat di Langit Sangatta

Ratusan Marga Muhammadiyah Sangatta Laksanakan Sholat Gerhana / GMT 80 Persen Terlihat di Langit Sangatta

(517 Views) Maret 10, 2016 8:49 am | Published by | No comment

Sangatta. Rabu (9/3), sejak pukul 06.30 wita, ratusan warga Muhammadiyah yang ada di Kota Sangatta sudah terlihat berkumpul di Masjid  AR Fachroeddin yang berada di halaman SMK Muhammadiyah Jalan KH Achmad Dahlan Kecamatan Sangatta Utara. Kedatangan masyarakat ini selain untuk melaksanakan sholat sunnah gerhana secara berjamaah juga sekaligus bersama-sama melihat fenomena alam gerhana matahari total (GMT), yang hanya terjadi selama kurun waktu 400 tahun sekali.

Sekitar pukul 07.40 wita, masyarakat kemudian melaksanakan sholat sunnah gerhana yang yang dipimpin ulama Muhammadiyah setempat dengan sebelumnya dibacakan kaifiyat atau tata cara sholat gerhana. Rangkaian sholat ini kemudian diakhiri dengan khutbah yang diikuti secara khidmat oleh seluruh jamaah. Dalam khutbahnya, jamaah diingatkan bahwa peristiwa terjadinya gerhana matahari atau bulan tidak berhubungan dengan kelahiran atau kematian seseorang, namun merupakan bentuk kekuasan Illahi yang diperlihatkan kepada manusia dan akan bermanfaat bagi mereka yang berfikir dan merenungkan kekuasaan Tuhan.

Usai mengikuti rangkaian sholat sunnah gerhana, masyarakat tidak mau melewatkan kesempatan melihat fenomena gerhana matahari ini. Mulai menggunakan kacamata hitam hingga menggunakan kamera digital dan handphone, masyarakat berupaya mengabadikan momen langka. Sedangkan di Kota Sangatta sendiri, dari hasil pengamatan gerhana matahari terjadi dengan persentase penampakan 80 persen di langit Sangatta.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Muhammadiyah Kutai Timur Syafruddin, yang ditemui usai pelaksanaan ibadah sholat sunnah gerhana, mengatakan  bahwa gerhana matahari merupakan fenonema alam dan merupakan bentuk kekuasaan Allah SWT. Sesuai tuntunan yang disyariatkan Nabi Muhammad SAW, jika ummat Islam melihat gerhana maka bersegeralah mengerjakan sholat di Masjid, memperbanyak dzikir, tahmid dan takbir serta bersedekah. Dirinya berharap, dengan menyaksikan kebesaran Tuhan ini, dapat semakin mempertebal rasa keimanan ummat Islam kepada Allah SWT.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments