Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Rentan Air Bersih, Desa Pengadan Baru dan Kadungan Kecamatan Kaubun, Jadi Pilot Project Red Cross Korea

Rentan Air Bersih, Desa Pengadan Baru dan Kadungan Kecamatan Kaubun, Jadi Pilot Project Red Cross Korea

(438 Views) Agustus 16, 2016 12:00 pm | Published by | No comment

Sangatta – Kerjasama Red Cross Korea dengan Palang Merah Indonesia dalam pembangunan sanitasi bagi masyarakat di Indonesia, yang pelaksanaan di Kabupaten Kutai Timur mendapat kunjungan langsung dari utusan red cross korea Lee Hanggo, yang didampingi Agus Lestian dari PMI Pusat, Mesdiono dan Rusliansyah dari PMI Provinsi Kaltim untuk meninjau langsung progres dari pelaksanaan program tersebut yang telah memasuki tahun kedua.

Terkait dengan kunjungan tersebut, staf PMI Kabupaten Kutai Timur Jumriana, kepada awak media menjelaskan program tersebut adalah program pembangunan fasilitas sanitasi dan air bersih bagi masyarakat yang belum memiliki toilet yang layak. Dia menambahkan bahwa program tersebut merupakan program Red Cross Korea (Palang Merah Korea) yang disponsori oleh Samsung, yang berkerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat. Selanjutnya PMI Provinsii Kalimatan Timur memilih dua Kabupaten dan yang terpilih adalah PMI Kabupaten Kutai Timur dan PMI Kabupaten Berau.

Jumrariana mengatakan Kabupaten Kutai Timur, sendiri memilih dua desa di Kecamatan Kaubun, yakni desa Pengadan Baru dan desa Kadungan. Kedua desa tersebut dipilih, karena sebelumnya tim PMI Kutim telah melakukan survei dibeberapa desa yang ada di Kabupaten Kutai Timur, dari hasil survei yang dilakukan masyarakat kedua desa tersebut memang belum memilki tempat mandi,cuci, kakus (MCK ) yang layak. Dikatakannya bahwa memang di dua desa hanya terdapat toilet tanpa closet (WC), toilet cemplung bahkan ada yang sama sekali tidak menggunakan toilet. Hal ini menandakan bahwa kesadaran masyarakat untuk hidup bersih dan sehat, masih tidak diperhatikan dengan baik. Selain itu, dia mengungkapkan bahwa dua daerah tersebut masih rentan dengan air bersih.

Voice Jumriana

Kemudian inilah yang menjadi alasan PMI Kutim  memilih dua desa di Kecamtan kaubun, yaitu desa Pengadan Baru dan desa Kadungan menjadi pilot project dari program red cross korea untuk pembangunan fasilitas cuci tangan, tempat penampungan air bersih.  Adapun program pembangunan yang sedang berjalan ditahun kedua ini, Jumriana menambahkan, satu Sekolah Dasar di Pengadan Baru, selanutnya di Kadungan Jaya tiga sekolah yakni Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN).

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments