Menu Click to open Menus
Home » Acara » Ribuan Batang Rokok Palsu Dimusnahkan

Ribuan Batang Rokok Palsu Dimusnahkan

(375 Views) Juli 26, 2018 6:58 pm | Published by | No comment

Sangatta – Setidaknya sebanyak empat ratus empat puluh dua ribu sembuilan ratus empat puluh batang hasil tembakau dalam bentuk rokok yang tidak berijin, dimusnahkan Kontor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Sangatta, di Halaman rencana pembangunan Kantor Baru KPPBC, Kamis, 26 Juli.

Pemusnahan ribuan batang rokok tidak berijin, disita dari tujuh kecamatan yakni Bengalon, Kongbeng, Muara Wahau, Rantau Pulung, Sangatta Utara dan Selatan, serta Teluk Pandan. Dengan jenis pelanggaran berupa penggunaan pita cukai bekas, pita cukai palsu dan pita cukai salah peruntukan. Jumlah tersebut disita dari enam belas penindakan yang dilakukan pada tahun 2017 lalu.

Menurut Kepala KPPBC Sangatta, Hari Murdiyanto, rokok yang dimusnahkan adalah rokok illegal yang dipalsukan pita cukainya sampai dengan pemalsuan merek. Penindakan dilakukan agar peredaran dan penggunaannya tidak mudah dan nilai barang menjadi mahal, hal tersebut biasa dikenakanan pada produk rokok, minuman keras dan vape.

Untuk nilai dari seluruh sitaan sebesar dua ratus tiga puluh juta Rupiah, jumlahnya memang tidak besar, namun menurut Hari, dampak kesehatan yang ditakutkan dari produk rokok illegal jika sampai lepas ke pasaran, karena tentu saja barang tidak melalui pengujian dan standar kesehatan, sehingga ditakutkan membawa efek negative bagi penggunanya.

Sementara Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan hal yang sama, jika rokok tiruan yang beredar ditakutkan merusak kesehatan, karena tidak diketahui secara pasti komposisi yang terkandung di dalamnya. Untuk itu dirinya mengapreasiasi penindakan yang dilakukan untuk memusnahkan barang tersbeut.            

Pemalsuan rokok tersebut melanggar ketentuan Undang-Undang Nomor. 11 Tahun 1995, tentang Cukai, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007. Rokok hasil sitaan tersebut ditetapkan menjadi barang milik Negara, dan berdasarkan surat persetujuan dari Kepala kanwil Direktorat Jendral Kekayaan Negara.

Menutup kegiatan tersebut, Kepala KPPBC bersama Wakil Bupati dan perwakilan instansi lainnya, secara bersama-sama melakukan pembakaran tumpukan rokok, yang sudah dimasukkan dalam drum bekas dan disiram bensin.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email

No comment for Ribuan Batang Rokok Palsu Dimusnahkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.