Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Rp 7 Triliun Aset Tetap Kutim Masih Dipertanyakan Kewajarannya

Rp 7 Triliun Aset Tetap Kutim Masih Dipertanyakan Kewajarannya

(590 Views) Maret 3, 2015 9:40 pm | Published by | 2 Comments

Sangatta. Walaupun aset tetap Kutim yang kini terdata senilai Rp7 Triliun, namun ternyata nilai ini tingkat kewajarannya masih dipertanyakan, apakah sudah sesuai dengan keberadaan barang atau aset yang ada.

Menurut Kabag Perlengkapan dan Aset Daerah Setkab Kutai Timur M Alfian, untuk mengetahui apakah nilai aset tetap ini sesuai dan wajar dengan nilai Rp7 Triliun tersebut, maka pihaknya melakukan sensus dan inventarisir aset daerah Kutim yang ada. Setelah diadakan sensus ini barulah diketahui apakah aset ini naik ataukah malah turun nilainya.

Diakui Alfian, nilai ini baru merupakan aset yang ada di Bukit Pelangi baik berupa tanah dan bangunan serta ditambah aset lainnya, termasuk yang ada di Kecamatan. Namun belum termasuk aset Pemkab Kutim yang masuk dalam penyertaan modal di PT Kutai Timur Energi (KTE). Dari sekian aset Kutim yang ada, terbanyak ada di Dinas Pekerjaan Umum (DPU) berupa jalan, jembatan dan lainnya. Selain itu, Dinas Pendidikan juga memiliki Aset yang cukup besar berupa bangunan sekolah yang ada hingga tingkat desa.Kemudian Dinas Kesehatan dan terakhir ada di Dinas Pertanian dan Peternakan, berupa bantuan yang dikucurkan kepada kelompok tani dan ternak.

(voice)

Lebih jauh Alfian mengatakan, yang kini menjadi kendala adalah tenaga ahli yang kini menjadi petugas pengelola aset terutama yang ada di tingkat Kecamatan dan Desa. Karena faktor karier dan tuntutan pengabdian, tenaga pengelola aset yang sudah terlatih akhirnya bisa dimutasi ke bagian lain. Sehingga   pihaknya harus kembali membimbing tenaga pengelola aset yang baru mulai dari nol. Sehingga ada baiknya setiap Dinas dan Kecamatan menyiapkan minimal 2 petugas pengelola aset yang memang sudah terlatih. Sehingga jika salah satunya berhalangan atau pindah maka masih ada petugas lainnya yang juga sudah faham dan mengerti sistem pengelolaan aset ini.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments