Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » RPJMD Kutim Masih Berproses, Bappeda Kutim Pastikan Bandara Sangkima dan Pelabuhan Kenyamukan Masuk dalam RPJMD 2016-2021

RPJMD Kutim Masih Berproses, Bappeda Kutim Pastikan Bandara Sangkima dan Pelabuhan Kenyamukan Masuk dalam RPJMD 2016-2021

(658 Views) Mei 18, 2016 9:05 am | Published by | No comment

Sangatta. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Timur memastikan bahwa pemerintah Kutim tidak melupakan penyelesaian Pembangunan Pelabuhan Kenyamukan dan Pembanguna  Bandara Sangkima. Hal ini disampaikan langsung Sekretaris Bappeda Kutim Arjohansyah, sekaligus menepis kekhawatiran Fraksi Demokrat DPRD Kutim yang menyebutkan bahwa Pemkab Kutim melupakan pembangunan Bandara Sangkima dan Pelabuhan Kenyamukan.

Ditemui di ruang kerjanya, Rabu (18/5) siang, Arjohansyah mengatakan bahwa saat ini RPJMD Kutim 2016-2021 masih berproses. Dalam 2 minggu ini pihaknya masih berdikusi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kutim dalam forum diskusi gabungan SKPD Kutim untuk membahas dan mengverifikasi Rencana Startegis (Renstra) SKPD dalam 5 tahun mendatang.

Lanjutnya, dokumen RPJMD Kutim nantinya  yang akan mengoperasionalkannya adalah SKPD. Terkait mengapa dipertanyakan Bandara Sangkima dan pelabuhan Kenyamukan tidak masuk dalam nota pengantar RPJMD kutim 2016-2021 yang disampaikan Pemerintah Kutim, Arjohansyah mengatakan bahwa RPJMD yang disampaikan masih merupakan arahan kebijakan umum, sesuai visi dan misi, beserta sasaran pokok prioritas Bupati dan Wakil Bupati Kutim saat ini. Sehingga belum masuk lampiran kegiatan SKPD. Bandara Sangkima dan Pelabuhan Kenyamukan tersebut, tentu masuk dalam rencana pembangunan infrastruktur Kutim, termasuk rencana startegis lainnya. Seperti pengembangan pelabuhan Kipi Maloy, pembangunan jalan, rumah sakit (RS), dan lain sebagainya.

(Voice : Bappeda Arjohansyah – Bandara Sangkima dan Pelabuhan Kenyamukan Masuk RPJMD Kutim)

Lebih jauh Arjohansyah mengatakan, pada tangal 26 Mei mendatang, SKPD akan mengumpulkan hasil verifikasi sesuai hasil diskusi. Pihaknya akan membaginya dalam tiga tim, yaknni tim pembangunan infrastruktur, tim sosial dan Budaya, serta tim ekonomi. Sementara itu ketiga tim ini akan dibantu tim ahli dari Universitas Mulawarman (Unmul). Hasil verifikasi ini akan dibawa dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) RPJMD 2016-2021 yang akan dilaksanakan pada 1 Juni hingga 2 Juni, mendatang.  Kegiatan ini akan membahas khusus program SKPD secara lebih mendetail, termasuk volume, target dan anggaran yang dirancang. Namun tentunya tetap disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.  Hasil Musrembang RPJMD inilah yang akan menjadi dasar DPRD Kutim untuk membuat pansus dan mendiskusikan RPJMD, sesuai renstra SKPD yang telah detail dan menjadi batang tubuh RPJMD Kutim 2016-2021.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments