Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » RSUD Kudungga Bakal Beli Alat Kesehatan Baru Demi Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

RSUD Kudungga Bakal Beli Alat Kesehatan Baru Demi Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

(649 Views) Januari 19, 2016 4:52 am | Published by | 1 Comment

SANGATTA – Tahun 2016 ini Rumah Sakit Umum Daerah  Kudungga, Sangatta Kabupaten Kutai Timur kembali akan membeli dua alat kesehatan , demi memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat.

Selain sebagai pemenuhan kebutuhan pelayanan, pembelian alat tersebut oleh RSUD Kudungga bertujuan sebagai pendukung status RSUD yang telah naik menjadi tipe B pada Maret 2015 yang lalu. “Pemerintah Kabupaten telah menyetujui rencana pembelian alat-alat kesehatan yaitu Computerized Axial Tomografi. Jika cukup dananya akan kami belikan alat hemodialisa,” kata Kepala RSUD Kudungga Bahrani di Ruang kerjanya.

Computerized Axial Tomografi adalah suatu prosedur yang digunakan untuk mendapatkan gambaran dari berbagai sudut kecil dari tulang tengkorak dan otak. Sedangkan Hemodialisa adalah proses pembersihan darah oleh akumulasi sampah buangan. Hemodialisis digunakan bagi pasien dengan tahap akhir gagal ginjal atau pasien berpenyakit akut yang membutuhkan dialysis waktu singkat.

Bahrani mengaku untuk melaksanakan pembelian alat tersebut, saat ini pihaknya masih menunggu dana dari Pemkab. Selain untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit, pengadaan alkes tersebut juga sebagai syarat dari rumah sakit tipe B.

Perlu diketahui, alkes modern yang telah dimiliki RSUD Kudungga hingga 2015 dan telah dimanfaatkan oleh warga Kutim yaitu USG 4 dimensi yang berfungsi melihat bagian dalam tubuh seperti kondisi dalam perut termasuk kandungan dan janin.

Selanjutnya alat endoskopi yakni perangkat panjang fleksibel yang memiliki cahaya dan kamera diujungnya, dapat dimasukkan kedalam tubuh melalui tenggorokan, anus dan dimasukkan melalui sayatan bedah kecil, berguna membantu mendiagnosa kondisi seperti masalah lambung, inkontinensia dan infeksi saluran kemih. Endoskopi merupakan tindakan non bedah yang digunakan untuk memeriksa saluran pencernaan dari pasien dan, dalam beberapa kasus, disertai pengobatan, jika sudah memungkinkan. Tindakan ini menggunakan penggunaan endoskop, tabung lentur dengan kamera yang melekat pada salah satu ujungnya. Kamera tersebut mengambil gambar bagian dalam dari saluran pencernaan, memungkinkan dokter yang memeriksa untuk melihat gambar tersebut melalui layar televisi yang terhubung dengan endoskop. Ada juga Panoramic khusus untuk rontgen gigi, panorami dalam arti radiografi berupa teknik pemeriksaan untuk mendapatkan gambaran gigi geligi berikut mandibular dan maxilla. Ditambahkan oleh Bahrani, bahwa saat ini karyawan staf medis di RS yang dipimpinnya sudah lebih dari cukup. Mulai dari dokter, perawat dan staf lainnya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments