Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » RSUD Kudungga Kembali Berprestasi Raih Penghargaan RS Sayang Ibu dan Anak

RSUD Kudungga Kembali Berprestasi Raih Penghargaan RS Sayang Ibu dan Anak

(579 Views) Januari 19, 2016 4:41 am | Published by | No comment

SANGATTA – Pada peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Kalimantan Timur ke 59, Rumah Sakit Umum Daerah Kudungga Sangatta berhasil meraih perhargaan sebagai Rumah Sakit Sayang Ibu dan Anak.

Kepala RSUD Kudungga Sangatta dr Bahrani menyakini ada beberapa program yang saat ini dijalankan aktif dalam menekan angka kematian ibu dan anak. Sehingga mengantarkan RSUD Kudungga meraih penghargaan RS Sayang Ibu dan Anak tersebut. “Kita ada PONEK atau Pelayanan Obstertrik dan Neonatal Emergency Komperhensif, serta Pediatric Intensive Care Unit dan Neonatal Intensive Care Unit,” ujar Bahrani.

Untuk diketahui, ruangan NICU dan PICU adalah ruang perawatan intensif untuk bayi sampai usia 28 hari serta anak-anak yang memerlukan pengobatan dan perawatan khusus. Guna mencegah dan mengobati terjadinya kegagalan organ-oragan vital. Menurut Bahrani, dengan keberadaan dua fasilitas itu RSUD Kudungga dapat memberikan pelayanan intersif kepada ibu dan anak. RSUD Kudungga telah melaksanakan pelayanan PONEK 24 jam setiap hari. Sehingga jika ada rujukan, RSUD siap memberikan pertolongan ibu yang kritis dan dapat meninggal karena pendarahan, infeksi, preeklamsia atau gangguan kehamilan yang ditandai oleh tekanan darah tinggi dan kandungan protein yang tinggi dalam urine. Kondisi ini dapat membahayakan organ-organ lainnya, seperti ginjal, hati, dan mata, persalinan macet dan kasus lainnya. Dia menyebut setiap RS didorong untuk menyukseskan program dimaksud. “Semua program itu berlandaskan dua dari delapan sasaran Millenium Development Goals, yaitu menurunkan angka kematian anak dan kedua meningkatkan kesehatan ibu,” sebutnya.

Selain perhargaan RS sayang ibu dan anak, belum lama ini tepatnya bulan Desember 2015 lalu RSUD Kudungga juga mendapat akreditasi tingkat utama dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit. Penilaian diberikan kepada RS yang melakukan pelayanan berdasarkan standarisasi. Ada 15 kelompok kerja yang dinilai dan RSUD Kudungga berhasil lulus di 13 kelompok kerja. Bahrani menegaskan bahwa Prestasi bukan tujuan utama, namun yang menjadi focus pihaknya adalah memberikan pelayanan terbaik. Terus meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia, khususnya karyawan di RS melalui diklat dan pengembangan lain.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments