Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » SDLB Sangatta Gelar Kemah Persahabatan

SDLB Sangatta Gelar Kemah Persahabatan

(4633 Views) Mei 12, 2015 8:04 am | Published by | No comment

SANGATTA. Puluhan siswa dari sejumlah sekolah dari Kecamatan Sangatta Utara dan Selatan bergabung bersama Sekolah Luar Biasa ambil bagian pada acara Kemah Persahabatan Pramuka Luar Biasa yang diselenggarakan Halaman SLBN Jalan Guru Besar Kecamatan Sangatta Utara, beberapa waktu lalu. Kepala Sekolah SLBN sangatta Haristo menjelaskan, kegiatan ini dilakukan sebagai pengenalan khusus kepada siswa dan umumnya masyarakat, bahwa anak yang berkebutuhan khusus (children with special needs) atau difference ability (difabel) jika diberi kesempatan maka mereka dapat menjadi anak yang sama dengan anak-anak lainnya.

kemah SDLB3“Kami ingin merubah sisi pandang ekstrim kebanyakan orang terhadapan anak-anak (berkebutuhan khusus) ini”, jelasnya. Untuk dapat melihat anak-anak tersebut dapat berinteraksi dengan baik terhadap siswa lain, yang pertama dapat dilakukan adalah memberikan sebuah pengakuan. Karena hal itu membantu menyakinkan mereka untuk diterima ditengah-tegah lingkungannya. Program ini juga bertujuan untuk menghilangkan padangan yang menggangap seakan-akan SLB itu adalah rumah sakit jiwa. Kegiatan kemah waktu itu juga dihadiri, Kapten Laut Andi dari Lanal Sangatta, perwakilan pramuka, guru, warga masyarakat. Beberapa sekolah yang turut serta dalam perkemahan, diantarannya SD 004, 003, SD 010, SMA 1, SMK Islam Nurul Hikmah, dan SMA 2 Sangatta Utara dan Selatan. Sekedar diketahui siswa SLBN Sangatta kini berjumlah 86 orang. Memiliki berbagai klasifikasi kebutuhan khusus, seperti tuna netra, tuna runggu, tuna daksa, autis, tuna grahita. Namun berkat pembinaan yang baik dan tepat mereka mampu berprestasi di O2SN.

Diantaranya ada yang berhasil meraih juara 2 melukis ada yang diberangkatkan ke NPC yaitu semacam KONI SLB, untuk berkompetisi olahraga. Seperti lari, lempar lembing, lempar cakram, lompat jauh, bulu tangkis, catur. Agar anak-anak berkebutuhan khusus ini dapat terus berkembang dan berprestasi, Haristo mengajak seluruh masyarakat untuk selalu memberikan dukungan. Memantu mereka menemukan kelebihan-kelebihan serta kemampuan yang bisa dimanfaat untuk masa depan.

Dia juga berharap kepada pemerintah, agar dapat menambah berbagai kebutuhan seperti penambahan ruang kelas maupun tenaga pendidik terutama berlatar belakang pendidik luar biasa. Sehingga SLB Sangatta dapat mencapai titik ideal. Selain dalam bentuk perkemahan, kegiatan lain yang dilaksanakan meliputi sejumlah permainan dan perlombaan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments