Menu Click to open Menus
Home » Acara » Sejarah Pelas Tanah, Kebudayaan Masyarakat Kutai Yang Merangkul Kebersamaan.

Sejarah Pelas Tanah, Kebudayaan Masyarakat Kutai Yang Merangkul Kebersamaan.

(185 Views) Oktober 22, 2019 1:53 pm | Published by | No comment

Sangatta- Memasuki hari ke tiga pelaksanaan pesta adat tahunan masyarakat Kutai yaitu Pelas Tanah ke IV 2019, terus menampilkan kemeriahan. kegitan yang dimulai sejak hari minggu lalu, telah berhasil menarik antusias masyarakat untuk berkunjung dan mengenal budaya serta tradisi masyarakat adat kutai.

Ditemui di lokasi kegiatan perayaan pelas tanah 2019, di gedung adat besar kutai , jl. Apt Pranoto, Ketua Adat Besar Kutai Sayyid Abdal Nanang Al-Hasani menyampaikan bahwa sejarah pelas tanah dimulai dari tradisi Kerajaan Kutai Martadipura  yaitu kerajaan bercorak Hindu di Nusantara yang memiliki bukti sejarah tertua dan berdiri sejak sekitar abad ke-4.  Pada masa kejayaannya hingga tahun 1959, Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura memiliki wilayah kekuasaan yang meliputi beberapa wilayah otonom yang ada di provinsi Kalimantan Timur salah satunya adalah wilayah Kutai Timur. dari sanalah Kebudayaan serta tradisi Pelas Tanah yang bermakna pembersihan diri serta bumi tepat berpijak, sampai saat ini masih terus dilestarikan.

Kemudian  Abdal juga menambahkan bahwa perayaan Pelas Tanah tersebut juga sebagai upaya untuk memajukan kebudayaan dan pariwisata yang ada di Kabupaten Kutai Timur, serta yang terpenting merangkul dan menjaga kebersamaan antar sesama paguyuban kesukuan agar dapat hidup berdampingan dengan rukun dan damai.

Voice Amelia

 

Print Friendly, PDF & Email
This post was written by erwin syuhada
About

Ketidaktahuan tidak akan menolong siapa pun.

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of