Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Sekolah Unggulan Diserbu Peminat

Sekolah Unggulan Diserbu Peminat

(518 Views) Juli 1, 2015 9:03 am | Published by | No comment

SANGATTA – Penerimaan Siswa Baru (PSB) yang dimulai sejak Senin (29/6) mendapat respon cukup tinggi dari calon peserta didik. Sejumlah sekolah unggulan menjadi tempat favorit para orang tua untuk mendaftarkan anaknya. Seperti yang terlihat di SMA 1 Sangatta Utara. Sejak pukul 07.00 wita, anak didampingi orang tuanya sudah terlihat mengantre untuk mendaftar. Ketua Panitia PSB SMA 1 Sangatta Utara Saliman mengatakan, hingga Selasa (30/6) jumlah siswa yang mengambil formulir sudah mencapai 450 orang.

Sementara yang sudah mengembalikan berkas beserta kelengkapan, sesuai syarat yang ditentukan mencapai 270 blangko. Diprediksi jumlah ini akan terus bertambah sampai ditutupnya pendaftaran pada Sabtu (4/7) ini. “Antusiasnya tetap tinggi, meskipun sekarang bertambah beberapa sekolah unggulan”, aku Saliman. Dia menerangkan, untuk tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 9 rombongan kelas (rombel) disiapkan untuk menerima siswa baru. Itu artinya dalam setiap kelas maksimal akan menampung 30 siswa atau total keseluruhan yang diterima mencapai 275 siswa. Oleh karena itu, melihat tingginya antusias orang tua mendaftarkan anaknya, maka dilakukan seleksi yang mengacu pada nilai kelulusan dan hasil tes. Penentuan kelulusan dilihat dari dua kali nilai UN tambah nilai tes dan dibagi lima. Kalau ada sertifikat prestasi baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional tertentu, menjadi nilai tambahan penilaian. Nanti hasil akhirnya, akan dirangking mulai dari nomor urut teratas, jelasnya. Sesuai instruksi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Iman Hidayat terkait tidak diwajibkannya siswa membeli seragam disekolah, Saliman mengaku, pihaknya melalui koperasi sekolah tetap menyiapkan sesuai yang ditentukan. Mulai dari seragam putih abu-abu, hingga seragam batik khas sekolah. Namun, orang tua dibebaskan untuk menentukan pilihan, apakah langsung membeli di koperasi atau diluar.

Pastinya, seragam yang digunakan harus sesuai yang ditentukan sekolah. Jadi saat pendaftaran, kita sudah buatkan form yang diisi calon siswa. Jika dia punya seragam sekolah bekas kakaknya, dan masih ingin menggunakannya, yah silahkan. Atau orang tuanya, mau beli seragam diluar juga tidak masalah. Dari sekolah juga tidak ada mewajibkan, tapi hanya memudahkan jika ingin membeli di koperasi, ujar Saliman. Sementara itu, tingginya antusiasme pendaftar juga terlihat di SMA 2 Sangatta Utara di Jalan Soekarno Hatta. Menurut Kepala SMA 2 Ketut Puriarta, hingga hari kedua jumlah formulir yang sudah keluar mencapai 200 blangko. Selain itu pihaknya juga sudah menjaring sekitar 90 calon siswa melalui jalur prestasi (boarding school) dari beberapa kecamatan. “Total kuota yang diterima tahun ini ada 192 siswa. Rinciannya, 128 siswa yang terbagi dalam 4 rombel untuk jalur prestasi (boarding school, Red.) dan sisanya untuk kelas umum”, ujar Ketut.

Disinggung kesiapan dalam kelas dan fasilitas, dia mengaku, sebagian masih dalam pemenuhan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim. Namun, dipastikan semuanya siap sampai jadwal pembelajaran aktiv dilaksanakan. Seperti diketahui, terhitung sejak 29 Juni hingga 4 Juli mendatang PSB mulai dilaksanakan serentak pada semua tingkatan sekolah di Kutim. Kemudian, tanggal 6 Juli dilanjutkan dengan tes dan pengumuman hasil pada 8 Juli. Sementara, siswa yang dinyatakan lulus selanjutnya akan mendaftar ulang pada tanggal 9 hingga 11 Juli. Selama pelaksanaan PSB ini, siswa tidak dikenakan pungutan yang bersifat wajib dari sekolah. Namun, setiap siswa baru yang dinyakatan diterima sekolah, diminta untuk menyiapkan pohon atau tanaman yang selanjutnya akan ditanam di lingkungan sekolah.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments