Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Sekretaris KPA Kutim Menegaskan, 100 Persen Warga Kutim Harus Melek, Jika Ingin Terhindar HIV/AIDS

Sekretaris KPA Kutim Menegaskan, 100 Persen Warga Kutim Harus Melek, Jika Ingin Terhindar HIV/AIDS

(576 Views) Oktober 26, 2016 6:04 pm | Published by | No comment

har

Sangatta – Saat ini jumlah orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Kutim semakin meningkat, berdasarkan data Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Daerah Kabupaten Kutai Timur, 87.905 tenaga kerja laki-laki terinfeksi HIV/AIDS, sedangkan 21.325 adalah tenaga kerja perempuan . Tiga Kecamatan paling banyak jumlah ODHA yakni Sangatta Utara 93 orang, Sangatta Selatan 29 dan Kecamatan Muara Wahau 43 Orang.

Terkait dengan hal itu, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kutim, Harmadji saat ditemui awak media di Sekretariat KPA Kutim, Rabu (26/10/16) mengatakan HIV/AIDS bisa disetop, jika semua orang telah melek (mengetahui) HIV/AIDS. Dikatakan seratus persen warga Kutai Timur harus tau tentang HIV/AIDS, karena pengetahuan tentang hal tersebut penting untuk diketahui oleh semua orang.

Perlu diketahui, KPA Kutim dari tahun 2010 sudah melakukan sosialisasi-sosialisasi terkait HIV/AIDS ke Rumah Sakit, Masyarakat, Perusahaan, Sekolah-Sekolah, Komunitas-Komunitas bahkan sampai Posyandu-Posyandu. Meski saat ini, keadaan Kutim yang sedang devisit akhirnya banyak kegiatan KPA yang tidak terakomodir, namun pihaknya masih tetap mencari cara untuk tetap bisa memberikan sosialisasi.

Selain itu, Harmadji menambahkan bahwa stigma dan diskriminasi terhadap ODHA masih lumayan tinggi, termasuk tenaga medis di Rumah sakit. penyebabnya karena kurangnya pengatahuan. Untuk dia menekankan pentingnya pengetahuan tentang HIV/AIDS diketahui oleh semua masyarakat Kutai Timur, agar tidak terinfeksi HIV/AIDS.

Voice : Reporter RPD/Wak Hedir

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments