Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » SELURUH PUSKESMAS DI KUTIM AKAN DIAKREDITASI

SELURUH PUSKESMAS DI KUTIM AKAN DIAKREDITASI

(428 Views) Juni 23, 2016 6:24 am | Published by | No comment

SANGATTA – Semua puskesmas di Kabupaten Kutai Timur akan diakreditasi, hal tersebut sesuai dengan  rencana strategis kementerian kesehatan tahun 2015-2019 dalam rangka meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia salah satu diantaranya dengan setiap kecamatan di seluruh Indonesia harus memiliki minimal satu unit puskesmas yang bersertifikat akreditasi. Sejalan dengan hal tersebut Kabupaten Kutai Timur yang memiliki 21 puskesmas tersebar di 18 kecamatan seluruhnya melakukan perbaikan fasilitas puskesmas dan pelayanan kepada masyarakat. perbaikan fasilitas dan peningkatan pelayanan tersebut diperuntukan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal ke masyarakat dan juga untuk mendapatkan sertifikat akreditasi. Di tahun ini Dinas Kesehatan mendampingi empat puskesmas  dalam mendapatkan akreditasi yaitu Puskesmas Teluk Lingga, Sangatta Selatan, Kaubun dan Long Masangat selanjutnya ke tujuh belas puskesmas yang lain akan diakreditasi secara bertahap pada tahun 2017 sampai dengan tahun 2021 mendatang.

Menurut Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur,  Haryati  mengatakan, indikator dan target pembangunan kesehatan RPJMD tahun 2015-2019 meningkatnya pemerataan dan mutu pelayanan kesehatan ditandai dengan jumlah kecamatan yang memiliki minimal satu puskesmas yang tersertifikasi akreditasi.

Lebih lanjut haryati mengatakan, dari keseluruhan puskesmas di kecamatan delapan belas puskesmas sudah buka duapuluh empat jam dan rutin mendapat  kunjungan dokter spesialis dua kali dalam setahun yang melakukan transfer naulids kepada petugas puskesmas dan juga memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dengan akreditasi memberikan manfaat terhadap puskesmas diantaranya memberikan keunggulan kompetitif, menjamin pelayanan kesehatan primer yang berkualitas, meningkatkan pendidikan pada staf, meningkatkan pengelolaan risiko, membangun dan meningkatkan kerja tim antar staf, meningkatkan reliabilitas dalam pelayanan, ketertiban pendokumentasian, dan konsistensi dalam bekerja serta meningkatkan keamanan dalam bekerja. Akreditasi juga berdampak langsung kepada pelayanan masyarakat sehingga dapat memperkuat kepercayaan masyarakat dan kualitas pelayanan terjamin kualitasnya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments