Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » Setahun Fakum, RPH Kembali Beroprasi

Setahun Fakum, RPH Kembali Beroprasi

(348 Views) April 13, 2018 4:58 pm | Published by | No comment

Sangatta – Setelah setahun tidak digunakan, UPT. Rumah Potong Hewan (RPH) Dinas Pertanian Kutai Timur, yang terletak di jalan Poros Sangatta Bengalon kembali dioperasikan sejak Kamis, 12 April.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Distan Kutai Timur, Sugiono, RPH sudah mulai beroperasi pada Kamis malam kemarin, pada pengoprasian hari pertama, sudah ada enam sapi yang dipotong oleh dua jagal yang bertugas di RPH.

Sugino menambahkan, masyarakat dihimbau untuk melakukan pemotongan hewan di RPH, dikarenakan sebelum penyembelihan hewan dilakukan pengecekan kesehatan terlebih dahulu, untuk menjaga kesehatan daging yang dikomsumsi oleh masyarakat. jika hewan yang diperuntukkan untuk dijual tidak dipotong di RPH,  maka sifatnya llegal, untuk itu,  kalau mau memotong,  silahkan ke RPH.

Sebelumnya salah satu alasan RPH tersebut tidak digunakan dikarenakan salah arah, tidak menghadap kiblat, padahal dalam islam menghadap kearah kiblat merupakan hal yang dianjurkan selain syarat lainnya.

Namun perbaikan sudah langsung dilaksanakan, memakan waktu selama kurang lebih tiga bulan dengan anggaran tahun 2018 ini, air dan listrik juga sudah lancar, sedangkan untuk penjagal sudah ada dua penjagal yang bertugas di RPH selanjutnya akan dilakukan penambahan secara bertahap.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

No comment for Setahun Fakum, RPH Kembali Beroprasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.