Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » SIAGA BENCANA KEBAKARAN LAHAN DAN HUTAN, PANGDAM VI MULAWARMAN DAN KAPOLDA KALTIM KUNJUNGI KUTIM

SIAGA BENCANA KEBAKARAN LAHAN DAN HUTAN, PANGDAM VI MULAWARMAN DAN KAPOLDA KALTIM KUNJUNGI KUTIM

(552 Views) Maret 15, 2016 6:54 am | Published by | No comment

SANGATTA- Kabupaten Kutai Timur siaga bencana kebakaran lahan dan hutan. Untuk itu Pangdam VI Mulawarman Mayjen Indra Puji Hastono dan Kapolda Katim Irjen Pol Syarifuddin, SH terjun langsung ke Kabupaten Kutai Timur. Dalam pembasahan penanganan kebakaran lahan dan hutan yang di lakukan di Ruang Meranti tadi pagi Pangdam VI Mulawarman dan Kapolda Kaltim memberikan arahan-arahan untuk mendeteksi api untuk mencegah kebakaran dan cara-cara mengatasi api di wilayah kebakaran.

Dalam Pengarahannya Pangdam VI Mulawarman, Mayjen Indra Puji Hastono mengatakan, Awalnya Provinsi Kalimantan Timur tidak termasuk daftar 7 provinsi yang memiliki daerah rawan kebakaran, namun sejak 28 Januari kemarin, Kalimantan Timur menjadi wilyah yang banyak terdapat kebakaran lahan dan hutan, dalam satu hari terjadi 10 titik sampai dengan 28 titik api. Kebakaran hutan dan lahan ini tidak hanya berdampak pada Kutai Timur ataupun Kalimantan Timur namun juga berdampak pada perekonomian Indonesia serta memberikan nilai buruk Indonesia di mata dunia.

voice

Selanjutnya Mayjen Indra Puji Hastono menambahkan, Kebakaran hutan dan lahan terjadi karena minimnya deteksi dini di daerah. pada tahun 2016 diharapkan titik api sudah harus dapat dideteksi lebih dini, jika Kabupaten tidak merasa mampu menanggulangi kebakaran yang terjadi, dapat melaporkan ke tingkat pusat. Bencana ini bukan hanya tanggung jawab BPBD atau Kabupaten semata namun ini merupakan tanggung jawab bersama.

Bencana kebakaran lahan dan hutan juga mendapat perhatian langsung dari Presiden Republik Indonesia. Secara berkala presiden akan meninjau langsung wilayah-wilayah terjadinya kebakaran lahan dan hutan serta akan memberika panismen kepada kepala daerah yang tidak dapat menangani bencana kebakaran lahan dan hutan di daerahnya, sebaliknya akan memberikan reward kepada kepala derah yang dapat mengatasi bencana ini.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments