Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Siapkan Karst Sebagai Wisata Dunia, Dispora Kutim Siapkan Sekolah Panjat Tebing

Siapkan Karst Sebagai Wisata Dunia, Dispora Kutim Siapkan Sekolah Panjat Tebing

(598 Views) Januari 13, 2016 8:27 am | Published by | No comment

Sangatta. Upaya pembenahan kawasan karst Sangkulirang Tanjung Mangkalihat,  agar bisa menjadi salah satu objek wisata bertaraf internasional terus dilakukan Pemkab Kutai Timur. Mulai menyiapkan grand desain pengembangan kawasan karst hingga mengupayakan pembinaan produk-produk kerajinanan masyarakat lokal setempat. Bahkan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kutai Timur tahun ini berencana membuat sekolah panjat tebing.

Kepala Disporapar Kutim Dwi Susilanto Gamawan, mengatakan rencana pembangunan sekolah khusus panjat tebing ini dilakukan untuk menunjang rencana pengembangan kawasan karst menjadi objek wisata kelas dunia. Hal ini karena, peserta didik sekolah panjat tebing nanti bukan hanya dibuka untuk umum tetapi lebih diutamakan bagi penduduk lokal sekitar kawasan wisata karst.

Lanjut Dwi, peserta didik nantinya akan mendapatkan sertifikat bertaraf internasional agar menjadi dasar kepercayaan bagi wisatawan khususnya wisatawan asing yang datang berkunjung ke karst bahwa mereka  memiliki pemandu wisata yang bersertifikat panjat tebing.

Lebih jauh dikatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan kelompok Wanadri sebagai perhimpunan pendaki gunung, untuk menjadi salah satu mentor bagi sekolah panjat dinding ini. Dwi mengungkapkan,  rencana pembangunan sekolah panjat tebing ini saat ini sedang  silakukan pemantapan dan tentunya akan disesuaikan dengan anggaran keuangan Pemkab Kutim yang dialokasikan di Dispora Kutim tahun ini.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments