Menu Click to open Menus
Home » Kriminal » Sita Ratusan Butir Telur Penyu, Dua Tersangka Diamankan Polairud Sangatta

Sita Ratusan Butir Telur Penyu, Dua Tersangka Diamankan Polairud Sangatta

(84 Views) Maret 14, 2021 9:32 pm | Published by | No comment

Kutai Timur – Petugas Polairut Sangatta menyita ratusan butir telur penyu milik oknum nelayan yang diselundupkan dari Pulau Bira-Birahan, menuju dermaga PPI Kenyamukan. Minggu (14/03)

Di Hubungi RPD Kutim, Kepala Markas Unit Patroli Sangatta Burhanudin menjelaskan, bahwa hari ini pada pukul 15.30 Wita telah diamankan 2 ( dua ) orang yang di duga pembawa Telur Penyu. Hal tersebut terjadi setelah petugas mendapat laporan dari masyarakat tentang maraknya penyelundupan telur hewan yang dilindungi tersebut.

Kemudian ia juga menjelaskan bahwa dalam modus operasinya terduga memasukan telur kedalam 8 keresek dan di kemas kedalam kardus. Setelah diperiksa petugas menemukan 903 butir telur terdiri dari jenis Sisik sebanyak 628 butir dan jenis biasa sebanyak 275 butir yang selanjutnya dibawa dan diamankan di Markas Unit Patroli Sangatta.

Saat ini terduga pelaku penyelundupan telur sedang di amankan untuk dilakukan pemeriksaan, sebagai informasi Burhanuddin menyampaikan sesuai UU yg berlaku, tiap orang dilarang untuk mengambil, merusak, memusnahkan, memperniagakan, menyimpan atau memiliki telur dan atau/sarang satwa yang dilindungi, sebagaimana di maksud Pasal 40 ayat (2) Jo pasal 21 ayat (2) huruf (e) UU RI No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Smber Daya Alam Hayati dan ekosistemnya.

Jika terbukti bersalah pelaku terancam Pasal 40 ayat (2) Jo pasal 21 ayat (2) huruf (e) UU RI No 5 Tahun 1990 tersebut dengan ancaman hukuman 5 tahun kurungan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments