Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » SKPD Wajib Sediakan  Sarana dan Prasarana Kearsipan

SKPD Wajib Sediakan  Sarana dan Prasarana Kearsipan

(461 Views) Mei 24, 2016 6:12 am | Published by | No comment

Sangatta –Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, melalui Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Bapusipda) Kabupaten Kutai Timur menggelar Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 30 tahun 2014 tentang Jadwal Retensi Arsip dan menindaklanuti amanat UU RI No.43 tahun 2009 tentang kearsipan. Kegiatan tersebut dibuka Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Kabupaten Kutai Timur Edward Azran diruang Damar Gedung Serba Guna Bukit Pelangi, Selasa (24/5/2016). Kegiatan tersebut dihadiri semua perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Badan, dan Bagian dilingkungan  Pemerintah Kabupaten kutai Timur. Narasumber dari Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Timur.

Kepala Badan Badan Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kutai Timur, Budi Santoso mengatakan jadwal retensi arsip merupakan produk hukum Kabupaten Kutai Timur yang berfungsi sebagai pedoman pengelola arsip khususnya untuk penyusutan. Budi mengungkapkan Sosilisasi tersebut dilatar belakangi  betapa perlunya menata arsip yang baku berdasarkan standar UU tersebut.

Menurut UU 43 tahun 2009 Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai denagn perkembangan informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, Pemerintah Daerah, Lembaga Pendidikan, Perusahaan, Organisasi Politik, Organisasi Kemasyarakatan, dan Perseorangan dalam melaksanakan pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut, Budi mengatakan Pengelola Arsip Dinamis merupakan tonggak awal dari pada pengelola arsip secara utuh, dalam UU 43 tahun 2009 pengelola arsip wajib dikelola oleh perdata, pada hakikatnya kita semua mempunyai kewajiban untuk mengelola. Pada pasal 31 UU 43 tahun 2009 dikatakan Budi Pengelola arsip dinamis meliputi kegiatan, dengan mempunyai fungsi cipta, guna dan kelola.

Lebih jauh, dalam pemaparannya Budi mengatakan ada dua cara mengelola arsip yakni memelihara dan menyusutkan. Sehingga jika arsip dikelola dengan baik, maka tidak akan terjadi menumpukan arsip yang luar biasa. Selain itu, Budi menyampaikan kepada semua Kepala SKPD bahwa SKPD wajib menyaediakan sarana dan prasarana kearsipan untuk pengelola.

Voice Budi Santoso

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments