Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » SKTM RENTAN CALO DAN DIGUNAKAN MASYARAKAT MAMPU

SKTM RENTAN CALO DAN DIGUNAKAN MASYARAKAT MAMPU

(1026 Views) September 8, 2016 7:13 am | Published by | No comment

Sangatta – Jaminan kesehatan (Jamkesda) yang pada peruntukkannya digunakan untuk menjamin kesehatan masyarakat tidak mampu melalui Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), kini sering digunakan oleh masyarakat mampu dan terkesan diperjualbelikan oleh Calo. Pada realisasi dilapangan SKTM digunakan bahkan oleh mereka yang memilik pekerjaan dan penghasilan tetap seperti karyawan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Hal tersebut dikarenakan dasar untuk mengeluarkan SKTM adalah surat pengantar dari RT, sedangkan pada tingkat RT pemberian surat pengantar dinilai tidak selektif. Bahkan untuk pengurusan di Dinas Kesehatan, pengurus SKTM sering dilakukan oleh orang yang sama namun mengurus SKTM untuk masyarakt di daerah berbeda.

Menurut Kasi Jaminan Kesehatan Dinas Kesehatan Kutai Timur, Mulyadi, pemberian surat pengantar dari RT tidak selektif, pada kebiasaanya RT mengeluarkan surat pengantar atas dasar tidak enak jika ditolak, meski yang meminta masyarakat mampu. Meski sudah sering dilakukan sosialisasi untuk ditingkat RT mengenai kreteria penerima SKTM namun masih tetap saja ditemukan SKTM yang digunakan masyarakat mampu.

Kepala Dinas Kesehatan Kutai Timur, Aisyah juga menambahkan bahwa dibeberapa kejadian pengguna SKTM adalah karyawan perusahaan, terkadang ada masyarakat yang memiliki tanggungan kesehatan di perusahaan namun masih memiliki anak atau anggota keluarga yang sudah tidak termasuk dalam tanggungan perusahaan, akhirnya ikut mengurus SKTM untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Jalur untuk mengeluarkan SKTM tersebut diawali dengan surat pengantar dari RT, kemudian surat pengantar dari RT inilah yang akan menjadi dasar untuk diteruskan ke Kepala Desa dan ke Camat hingga ke Dinas Kesehatan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments