Menu Click to open Menus
Home » Pendidikan » SMPN 01 Sangsel Diduga Lakukan Pungutan, DPRD Kutim Panggil Disdik

SMPN 01 Sangsel Diduga Lakukan Pungutan, DPRD Kutim Panggil Disdik

(27 Views) Maret 18, 2020 7:29 pm | Published by | No comment

Sangatta – Diduga melakukan pungutan pembayaran yang diwajibkan pihak sekolah kepada siswa kelas 9 di SMPN 01 Sangatta Selatan dengan tujuan sebagai dana PIB, UN dan perpisahan siswa 2020.

DPRD Kutim menggelar hearing dengan memanggil sekolah SMP Negeri 1 Sangatta Selatan, serta Dinas Pendidikan Kutim terkait sumbangan yang dilakukan pihak sekolah, Selasa (17/3/20).

Wakil Ketua II DPRD Kutim Arfan yang memimpin rapat meminta kedua belah pihak menjelaskan duduk permasalahan tersebut. Mulai dari Kepala Disdik Kutim Dr Roma Malau, Kepsek SMPN 1 Sangsel serta perwakilan dari masyarakat peduli pendidikan Kutim.

Mengenai permasalahan itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Sangatta Selatan Rita memaparkan, pada saat rapat bersama Komite mereka menyetujui kesepakatan tersebut. Namun beberapa hari kemudian ternyata ada orang tua siswa yang mengadukan keberatan.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kutim Roma Malau mengatakan, dari awal sudah membuat surat edaran ke sekolah-sekolah terkait pungutan-pungutan, termasuk juga pembuatan seragam juga tertuang pada edaran PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) yang berisi tentang larangan mengenai buku dan sebagainya.

Untuk itu, Ia menegaskan Pungutan tersebut harus dihentikan. Apabila terjadi lagi hal seperti ini maka pihak sekolah sendirilah yang menanggungnya.

Sementara itu, David Rante, salah  satu anggota DPRD Kutim menegaskan, seharusnya tidak ada lagi yang namanya pungutan atau sumbangan yang dilakukan oleh sekolah. Untuk itu semua pihak harus menyamakan persepsi untuk mencari solusi yang terbaik agar tidak ada persoalan hukum di kemudian hari

Voice Normaida

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of