Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » SOSIALISASI DETEKSI DINI KANKER LEHER RAHIM MELALUI IVA

SOSIALISASI DETEKSI DINI KANKER LEHER RAHIM MELALUI IVA

(3206 Views) Agustus 14, 2016 6:54 am | Published by | 1 Comment

Sangatta – Sosialisasi deteksi dini kanker mulut rahim melalui Pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA) terus dilakukan Pemerintah Kutai Timur melalui Dinas Kesehatan Kutim. Sosialisasi diberikan melalui puskesmas-puskesmas, kegiatan posyandu dan kegiatan-kegiatan PKK. Seperti yang dilakukan Wakil Ketua II PKK Kutim yang juga sebagai Kepala Bidang Kesehatan Masyarakt Dinas Kesehatan Kutim Dr. Yuwana yang memberikan materi seputar kanker mulut rahim dalam bakti sosial yang digelar di ruang Meranti Kantor Bupati Kutim.

IVA merupakan pemeriksaan sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat. Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan screaning alternatife dari pup smear namun lebih praktis dan sangat mudah untuk dilaksanakan.

Menurut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur, Dr. Aisyah mengatakan, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui mengenai kanker serviks. Pemeriksaan IVA akan terus disosialisasikan agar masyarakat mengerti dan ikut memeriksanakan diri. Karena dengan pemeriksaan lebih awal akan memberikan penanganan yang lebih awal, jika penderita baru mengetahui saat sudah dalam stadium yang berat maka pengobatan akan lebih berat.

Semua wanita yang sudah melakukan hubungan seks dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan IVA. Setelah melakukan pemeriksaan IVA, jika hasil positif maka akan dilakukan pemeriksaan lanjutan, yakni pemeriksaan pupsmear yang dapat memberikan hasil lebih spesifik.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments