Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Sosialisasi Undang-Undang Pemilukada DPT Capai 259.356 Orang

Sosialisasi Undang-Undang Pemilukada DPT Capai 259.356 Orang

(561 Views) April 23, 2015 9:40 am | Published by | No comment

SANGATTA- Seluruh masyarakat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) diharapkan mendukung kesuksesan penyelenggaraan pesta demokrasi pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) daerah ini. Agar masyarakat lebih memahami dan memiliki kesadaran tinggi tentang betapa pentingnya pemilukada, khususnya pemilih agar berperan serta menggunakan hak pilihnya, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menyelenggarakan sosialisasi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada. Kegiatan yang melibatkan unsur Organisasi Kemasyarakatan (ormas), lembaga swadaya masyarakat (LSM) tokoh agama, tokoh masyarakat ini dilaksanakan di Ruang Damar, Gedung Serba Guna, Bukit Pelangi, belum lama.

Pada kesempatan itu Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Ardiansyah Sulalaiman mengatakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, politik menjadi penting sebagai legitimasi keputusan. Politik juga merupakan sarana legalitas dalam pengambilan keputusan yang termuat dalam kegiatan pemilu. Berdasarkan amanat UUD 1945.
“Terkait hal itu, diperlukan keterlibatan semua pihak baik pemerintah maupun masyarkat agar terciptanya suksesi (demokrasi dalam berpolitik),” ujar Ardiansyah.
Ardiansyah menyakini bahwa sesungguhnya tidak ada kebijakan tanpa adanya politik. Menurut dia, kebijakan yang tepat akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu melalui pemilukada ini warga dapat menyeleksi secara langsung, merekam politik dari calon kepala daerah yang mampu membawa aspirasi masyarakat menjadi sebuah kebijakan untuk kepentingan bersama. Sehubungan hal tersebut pula, Ardiansyah berharap kepada KPU agar memaksimalkan perannya menyosialisasikan pada calon pemilih. Baik yang berada diperusahaan-perusahaan pertambangan maupun perkebunan, sehingga dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar. Karena sifatnya yang penting, maka kegiatan sosialisasi ini juga menghadirkan Ketua DPRD Kutim Mahyunadi, Ketua KPU Kutim Fahmi Indris, Ketua KPU Provinsi Kalimantan Timur M Taufik sekaligus bertindak sebagai nara sumber, serta para camat, undangan dan Pimpinan SKPD, FKPD dilingkungan Pemkab Kutim.
Perlu diketahui, Pemilukada rencananya akan digelar pada bulan Desember 2015 ini. Untuk itu, mayarakat diminta untuk lebih mengetahui berbagai informasi terkini terkait penyelenggaraan pesta demokrasi ini. Selanjutnya dapat partisipasi sebagai sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang diselenggarakan secara langsung , umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
Diterangkan oleh Kepala KPU Kutim Fahmi Indris, Pemilukada kali ini akan dilakukan serentak melibatkan masyarakat yang terdata dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 297.168 dari data sebelumnya yakni 259.356. Dijelaskan Fahmi, DPT Kutim mengalami kenaikan dan tersebar di 800 Tempat Pemilihan Suara (TPS) di Kutim. Selain menjelaskan tentang kenaikan jumlah DPT, Fahmi juga menjelaskan tentang persyaratan calon kepala daerah nantinya. Jika calon diusung dari partai politik maka harus memenuhi 20 persen kursi di DPRD. Dihitung dari 25 akumulasi suara sah atau 8 kursi dari 40 Anggota Legislatif yang ada di DPRD Kutim. Namun jika calon kepala daerah dari perorangan maka harus mencapai 8,5 persen dukungan atau mendapat 35.100 suara dan dukungan tersebut harus tersebar di 9 Kecamatan di wilayah Kutim.
Sebelumnya Kepala Badan Kesbangpol melaporkan bahwa sosialisasi pilkada ini bertujuan untuk menyampaikan seluruh informasi terkait pemilukada kepada masyarakat. Sekaligus untuk meningkatkan pemahaman, kesadaran betapa pentingnya pemilukada, khususnya para pemilih agar berperan serta menggunakan hak pilihnya. Untuk kemudian informasi ini dapat disebar luaskan.(hms).

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments