Menu Click to open Menus
Home » Hukum » Status Siaga Karhutla Kutim Bertahan Hingga Desember Mendatang

Status Siaga Karhutla Kutim Bertahan Hingga Desember Mendatang

(18 Views) Oktober 2, 2019 3:09 pm | Published by | No comment

Sangatta – Kasus kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), beberapa bulan terakhir cukup fatal dan mengganggu aktivitas warga. Sehingga Bupati Kutim Ismunandar mengeluarkan status siaga pada bulan Agustus 2019 lalu, bahwasanya Kutim harus lebih siaga terhadap Karhutla yang terjadi secara besar-besaran khususnya di Kaltim.

Seperti diketahui, Karhutla terbesar terjadi di Sumatera dan Kalimantan yang kerap menerpa di setiap tahunnya pada musim kemarau. Untuk saat ini, Sumatera salah satunya Riau sudah mencabut status darurat, sementara Kutim masih akan siaga hingga Desember Mendatang. Hal tersebut bukan karena masih adanya karhutla namun ini sudah menjadi ketentuan status siaga. Hal ini disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutim Syafruddin, melalui Sekretaris BPBD Agung, Rabu (2/10/2019).

Dikatakan Agung, untuk Kutim sampai saat ini tidak ada kenaikan status siaga hingga darurat dan waspada, masih status siaga secara umum. menurutnya, Karhutla di Kutim masih bisa ditangani. Sementara, untuk kasus kebakaran sendiri lebih banyak didominasi kebakaran lahan gambut yang terus terjadi dalam rentang waktu dua bulan terakhir ini dan hampir terjadi di semua kecamatan.

Sebagai bahan evaluasi terkait penanganan kasus karhutla di Kutim tahun ini, pihak BPBD Kutim mengakui masih kekurangan personel dan sarana prasana.

Voice Amelia

 

Print Friendly, PDF & Email
Tags: ,
Categorised in: ,

No comment for Status Siaga Karhutla Kutim Bertahan Hingga Desember Mendatang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.