Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Sudah Dapat Lampu Hijau untuk Deliniasi Bandara Sangkima, BPKH Kaltim Hanya Tunggu Eksen Pemkab Kutim

Sudah Dapat Lampu Hijau untuk Deliniasi Bandara Sangkima, BPKH Kaltim Hanya Tunggu Eksen Pemkab Kutim

(515 Views) Agustus 3, 2016 8:41 am | Published by | No comment

Sangatta. Proses kelanjutan pembagunan Bandara Sangkima Sangatta yang katanya terkendala proses deliniasi kawasan, ternyata hanya menunggu respon dan progres dari Pemerintah Kutim. Pasalnya Badan Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Provinsi Kaltim sudah memberikan lampu hijau, bahwa berapa luasan dan dimana saja lokasi yang Pemkab Kutim ingin dilakukan deniliasi agar proses pembangunan bandara Sangkima dapat dilanjutkan.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Timur, Suprihanto. Dijelaskan, bahwa sudah ada konfirmasi antara BPKH dengan Pemkab Kutim bahwa proses deliniasi yang ada sekarang dilakukan bertahap. Hal tersebut karena berkaitan dengan anggaran deliniasi yang disediakan. Namun melihat kondisi saat ini bahwa proses deliniasi akhirnya mengikuti perkembangan penyebaran pemukiman penduduk yang ada di kawasan Taman Nasional Kutai (TNK) dan Sangatta Selatan. Sehingga dengan anggaran yang terbatas sekarang maka proses deliniasi ini disesuaikan. Tetapi Pemerintah Kutim optimis bahwa proses deliniasi ini dapat rampung secara totol pada tahun 2017 mendatang.

Lanjut Suprihanto, jika Pemerintah Kutim benar-benar ingin menggenjot proses pembangunan Bandara Sangkima tersebut, sebenarnya BPKH sudah sangat siap dan wilayah mana saja yang akan dilakukan deliniasi. Sehingga tidak hanya runway Bandara Sangkima saja yang saat ini sudah masuk dalam enclave namun wilayah mana lagi yang akan dimasukkan. Tetapi rencana ini terbentur dengan belum matang dan aktualnya rencana pembangunan Bandara Sangkima yang ada saat ini. Terkecuali jika ada investor yang ingin masuk dan siap mengerjakan pembangunan Bandara Sangkima, maka kemungkinan bisa saja dipercepat. Sehingga dalam artian, tidak ada masalah dalam proses deliniasi kawasan yang diperuntukkan bagi pembangunan Bandara Sangkima tersebut, hanya tinggal bagaimana eksen dari pemerintah Kutim, karena BPKH sendiri sudah memberikan lampu hijau.

(Voice : Bappeda Suprihanto – Deliniasi Bandara Sangkima)

Lebih jauh Supri mengatakan, jika memang ada keinginan dari Dirjen Perhubungan Udara bahwa mereka siap mengucurkan bantuan anggaran pembangunan Bandara Sangkima namun harus terlebih dahulu Pemkab Kutim sudah memulai mengerjakan pembangunannya, dirinya mengangap sah-sah saja. Tetapi mengingat tahun depan begitu banyak beban proyek yang akan dipikul pemerintah Kutim, mulai dari persiapan gelaran Porprov 2018, penyelesaian pelabuhan kenyamukan, dan persiapan KEK Maloy. Juga harus ditambah lagi pengerjaan Bandara Sangkima, dengan anggaran pendapatan Rp 3,38 triliun maka dirinya optimis semuanya bisa dilaksanakan dan tercover. Lebih baik mendahulukan penyelesaian yang lebih prioritas dan sisanya menyusul untuk dikerjakan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments