Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tahapan Pilkades Serempak di Kutim, Dimulai

Tahapan Pilkades Serempak di Kutim, Dimulai

(4223 Views) September 23, 2016 5:58 pm | Published by | No comment

4antarafoto-1343394329

Sangatta. Genderang pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serempak di Kabupaten Kutai Timur telah ditabuh. Sejak 14 September 2016 kemarin, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kutai Timur telah memulai tahapan awal pelaksanaan Pilkades serempak di Kutim.

Kepala BPMPD Kutim Erlyan Noor didampingi Plt Kabid Pemerintahan Desa dan Lurah Muhammad Rusdi, mengatakan bahwa pelaksanaan Pilkades serempak di Kutim telah memasuki tahapan awal sejak 14 September 2016, kemarin. Secara umum, ada 4 tahapan yang akan dilaksanakan pada Pilkades serempak tahun ini. Yakni meliputi tahapan persiapan, tahapan pencalonan, tahapan pelaksanaan hingga tahapan penetapan. Untuk tahapan persiapan atau awa, meliputi pembentukan panitia pelaksana Pilkades. Kemudian, dilanjutkan penetapan daftar pemilih tetap (DPT), penetapan persyaratan calon, penetapan calon, dan seterusnya secara bertahap. Sementara proses pencoblosan, jika tidak ada perubahan rencananya akan dilaksanakan pada 20 Desember 2016, mendatang.

Ditambahkan Rusdi, pada pelaksanaan Pilkades serempak kali ini akan diikuti sebanyak 78 desa di 17 kecamatan di Kutim. Sementara, khusus satu kecamatan yakni Kecamatan Kongbeng, tidak mengikuti pelaksanaan Pilkades karena sebelumnya telah melaksanakan pilkades pada tahun 2013 lalu atau pada periode akhir sebelum ditetapkannya peraturan terbaru. Sehingga kepala desa (Kades) yang ada di Kecamatan Kongbeng masih berlaku hingga kini masa jabatannya.

(Voice : BPMPD Rusdi – Pilkades Serempak 2016)

Lebih jauh Rusdi mengatakan, bahwa walaupun kini Kutim dalam kondisi defisit anggaran, namun pelaksanaan pilkades tetap akan dilaksanakan. Hal ini karena anggaran untuk pelaksanaan Pilkades telah jauh-jauh hari dipersipakan oleh Pemerintah Kutim. Sementara estimasi biaya yang akan dikeluarkan untuk pelaksanaan pilkades serempak ini, kemungkinan akan menghabiskan anggaran lebih kurang sebesar Rp 7 miliar. Mengingat jarak dan jumlah pemilih di masing-masing desa.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments