Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tahun 2016, PDAM Disuntik Rp107 Miliar untuk Peningkatan Kapasitas

Tahun 2016, PDAM Disuntik Rp107 Miliar untuk Peningkatan Kapasitas

(479 Views) September 15, 2015 8:38 am | Published by | No comment

Sangatta. Pemerintah Kutai Timur (Kutim)  akan melakukan peningkatan kapasitas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua Kutim. Dalam tahun ini Pemerintah dan PDAM sedang melakukan penambahan kapasitas untuk tiga Instalasi Pengolahan Air (IPA), yakni IPA Kabo sebesar 50 liter per detik, 10 liter per detik untuk IPA Bengalon dan 20 liter per detik pada IPA Muara Bengkal.

Menurut Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutim Suprihanto didampingi Kabid Fisik, Sarana dan Prasarana Sumarjana, penambahan kapasitas yang dilakukan pemerintah untuk wilayah Bengalon dan Muara bengkal berasal dari anggaran APBD Provinsi Kaltim dan APBN. Sedangkan penambahan kapasitas pada IPA Kabo sebesar 50 liter per detik murni dari anggaran PDAM Tirta Tuah Benua sendiri.

Ditambahkan Sumarjana, pada perencanaan 2016 mendatang Pemerintah akan membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) untuk 2 kecamatan yakni Kaliorang dan Sangkulirang dengan kapasitas masing-masing 25 liter per detik, yang diambil dari sumber air di pegunungan Sekerat. Pembangunan ini akan mengkabiskan anggaran sebesar Rp37 Miliar, dengan menggunakan dana APBN sebesar Rp22 Miliar, APBD Provinsi Kaltim sebesar Rp5 Miliar, dan APBD Kutim Rp10 Miliar. Sementara jika Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat turun pada 2016 mendatang, Pemkab Kutim juga sudah memiliki masterplan  peningkatan kapasitas IPA Kabo sebesar 2 kali 250 liter perdetik secara bertahap dengan menelan anggaran sebesar Rp70 miliar.

(voice)

Lebih jauh Sumarjana mengatakan, dengan peningkatan kapasitas ini tentunya juga sebagai upaya mensukseskan program pemerintah pusat yang menargetkan pada tahun 2019 seluruh masyarakat di Indonesia terakses air bersih. Selain itu, juga sebagai upaya mensukseskan program Pemerintah Daerah bahwa pada tahun 2016 seluruh ibu kota kecamatan di Kutim terakses air bersih.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments