Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tahun Depan, Pemerintah Kutim Hanya Kelola Anggaran Rp 500 Miliar

Tahun Depan, Pemerintah Kutim Hanya Kelola Anggaran Rp 500 Miliar

(877 Views) September 30, 2016 7:28 pm | Published by | No comment

Sangatta. Kondisi ekonomi nasional yang tidak stabil membuat pemerintah Kutai Timur berfikir rasional terkait rencana pembangunan daerah, ke depannya. Bahkan tahun depan, pembangunan Kutai Timur diperkirakan hanya akan disokong anggaran sebesar Rp 500 miliar saja. Demikian disampaikan Pelaksana Tugas (PlT) Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Timur, Irawansyah.

Kepada awak media, Irawansyah menuturkan pada tahun depan dirinya sudah memastikan bahwa pemerintah Kutai Timur akan membayar hutang sebesar Rp 800 miliar. Hutang ini berasal dari pinjaman pemerintah Kutim untuk menutupi kekurangan anggaran belanja pada tahun ini.

Lanjutya, dengan estimasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kutim tahun 2017 mendatang sebesar Rp 2,6 Triliun, kemudian dikurangi kewajiban membayar hutang Rp 800 miliar tersebut maka sisa anggaran APBD Kutim 2017 nantinya hanya Rp 1,8 Triliun. Kemudian angka ini dikurangi lagi kebutuhan belanja PNS dan tenaga honorer, mulai belanja gaji PNS dan Honorer, tunjangan, perjalanan dinas, honor kegiatan, dan lainnya yang diperhitungkan akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 1 triliun. Sehingga sisa anggaran yang ada hanya Rp 800 miliar saja.

Dengan sisa anggaran Rp 800 miliar tersebut, pemerintah Kutim juga masih punya kewajiban dalam program Desa Membangun sebesar Rp 300 miliar. Maka setelah dikurangi Rp 300 miliar, anggaran yang bisa dikelola dan dibagi-bagi ke masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Kutim hanya Rp 500 miliar. Untuk itu, dipastikan tahun depan pemerintah Kutim akan semakin mengencangkan ikat pinggang.

(Voice : Plt Sekda Irawansyah – Kelola Dana Rp 500 miliar)

Lebih jauh dikatakan Irawansyah, perhitungan ini adalah prediksi global. Namun dirinya berharap, tahun depan ada perbaikan dalam perekonomian nasional, sehingga pada anggaran pendapatan dan belanja Kutim di perubahan (APBD-P) 2017 nantinya, pemerintah Kutim bisa mendongkrak kondisi keuangan daerah.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments