Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tahun ini, BPMPD Kutim Cairkan Sisa Dana Desa 2015 bagi 2 Desa di Kutim

Tahun ini, BPMPD Kutim Cairkan Sisa Dana Desa 2015 bagi 2 Desa di Kutim

(427 Views) Mei 24, 2016 8:37 am | Published by | No comment

Sangatta. Setelah tidak mau mencairkan Dana Desa (DD) tahun 2015 bagi 2 Desa di Kecamatan Busang, akhirnya tahun ini Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kutai Timur memastikan akan mencairkan DD 2015 tersebut. Tidak dicairkannya DD ini akibat belum selesainya kelengkapan administrasi dan laporan pertanggungjawaban oleh kedua desa tersebut.

Menurut Kepala BPMPD Kutim Erlyan Noor, tahun ini pihaknya akan mencairkan sisa Dana Desa tahun 2015 bagi dua desa di Kecamatan Busang, yakni desa Rantau Sentosa dan Long Pejeng. Untuk desa Long Pejeng akan dicairkan tahap II dan III sementara desa Rantau Sentosa akan dicairkan tahap III saja. Namun untuk besaran dana yang akan dicairkan, Erlyan mengaku lupa jumlahnya.

Dijelaskan, alasan BPMPD kutim tidak bisa mencairkan Dana Desa tahun 2015 bagi kedua desa tersebut akibat permasalahan administrasi dan laporan pertanggungjawaban terhadap penggunaan DD tahap sebelumnya yang belum mereka lengkapi. Namun setelah berkonsultasi dengan Kementrian Keuangan, maka ada petunjuk untuk bisa mencairkan sisa Dana Desa tersebut di tahun ini. Namun untuk mencairkannya, pihak desa tetap harus melengkapi pernyaratan administrasi serta dikuatkan dengan Peraturan Bupati (Perbup) Kutim terkait aturan pencairannya. Untuk kelengkapan administrasi nantinya akan dibantu oleh pihak BPMPD Kutim.

(Voice)

Lebih jauh Erlyan mengatakan, selain mendapatkan rekomendasi dari Kementrian Keuangan terkait mekanisme pencairan Dana Desa tersebut, yang menjadi pertimbangan utama adalah Dana Desa ini memang sepenuhnya hak masyarakat desa setempat dan harus dipergunakan untuk kesejahteraan dan pembangunan desa.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments