Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tahun ini, Dishub Kutim Rehab 2 Pelabuhan Rakyat

Tahun ini, Dishub Kutim Rehab 2 Pelabuhan Rakyat

(382 Views) Mei 27, 2016 7:16 am | Published by | No comment

Sangatta. Demi meningkatkan kenyamanan masyarakat pengguna pelabuhan rakyat dan dermaga sungai, tahun ini Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kutai Timur akan melakukan rehab dua pelabuhan rakyat atau dermaga di Kecamatan Sangkulirang. Demikian diungkapkan Kepala Dishubkominfo Kutim Johansyah Ibrahim didampingi Kabid Perhubungan Laut Fauzie

Dikatakan, tahun ini pihaknya akan merehab dua dermaga di Kecamatan Sangkulirang, yakni Dermaga Pasar dan Dermaga Desa Mandu. Rehab yang akan dilakukan diantaranya perbaikan jembatan, tangga menuju ke kapal serta atap pelabuhan yang sudah lapuk. Untuk nilai rehab sendiri masih berada di bawah Rp 200 juta sehingga hanya dilakukan penunjukkan langsung.

(Voice : Perhubungan Laut Fauzie – Rehab 2 Pelabuhan Rakyat)

Lebih jauh dikatakan Fauzie, hingga saat ini Kutai Timur sudah memiliki 42 pelabuhan atau dermaga rakyat khusunya dermaga di sungai yang tersebar hampir di 18 Kecamatan. Saat ini pihanya sedang mengupayakan penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang nantinya akan diusulkan kepada bagian Hukum Setkab Kutim, agar diusulkan dalam Prolegda di DPRD Kutim. Raperda nantinya berisikan aturan agar Pemkab Kutim bisa mengelola dan menarik retribusi atas dermaga rakyat ini sehingga bisa menjadi pemasukan asli daerah (PAD) Kutim. Diakuinya, selama ini dermaga rakyat yang ada tidak terlalu terawat dan dikelola secara benar akibat belum adanya dasar hukum Pemkab Kutim dalam pengelolaannya. Namun 42 dermaga rakyat tersebut tercatat masih merupakan aset Dishub Kutim.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments