Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tahun ini, Distanak Kutim dan Kodim 0909/SGT Cetak Sawah Baru 1.500 Ha

Tahun ini, Distanak Kutim dan Kodim 0909/SGT Cetak Sawah Baru 1.500 Ha

(982 Views) Februari 8, 2016 3:00 pm | Published by | No comment

Sangatta. Walaupun sesuai prediksi BMKG menyebutkan bahwa bulan ini sudah memasuki musim penghujan, namun ternyata curah hujan turun secara tidak merata dan hanya terjadi di beberapa wilayah seperti pulau jawa. Sementara Kaltim khususnya Kutai Timur, intensitas curah hujan masih sangat jarang dan bahkan panas berkepanjangan. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutim untuk bisa mewujudkan swasembada beras 5,5 ton per hektarnya pada tahun ini. berbagai cara dilakukan terutama membuat sumur bor dan pompanisasi sumber air untuk bisa mengairi ratusan hektar sawah di Kutim. Bahkan tahun ini, Distanak Kutim bekerjasama dengan TNI-AD melalui Kodam VI/Mulawarman, akan melakukan pencetakan 1.500 hektar sawah baru di Kutai Timur.

Kepala Distanak Kutai Timur Syarifudin Ginting, yang ditemui awak media di ruang kerjanya mengatakan hingga saat ini Distanak Kutim masih memiliki hutang luasan tanam sawah lebih dari 3.700 hektar. Luasan ini merupakan target yang harus dipenuhi Distanak Kutim hingga akhir bulan Maret tahun ini. Sementara yang baru tersealisasi seluas 300 hektar sawah. Namun, pria yang akrab disapa Ginting ini optimis, target ini dapat terpenuhi karena hingga saat ini progres pencetakan sawah terus dilakukan.

Lanjut Ginting, tahun ini Kutai Timur mendapatkan alokasi melalui APBN untuk melakukan pencetakan sawah baru seluas 1.500 hektar sawah. Namun mekanisme dan pengerjaannya diserahkan kepada Kodam VI/Mulawarman yang kemudian turun ke jajaran Kodim 0909/SGT. Luasan ini akan tersebar hampir merata di 18 kecamatan di Kutim dengan melibatkan sejumlah kelompok tani yang telah terseleksi.

(voice)

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0909/SGT Letkol (Inf) Ibnu Hudaya, saat dikonfirmasi terkait program pencetakan 1.500 sawah baru di Kutim, membenarkan hal tersebut. Disebutkan, luasan 1.500 hektar ini  akan terbagi dalam 20 desa di enam wilayah koramil, serta melibatkan 20 kelompok  tani (Poktan) dan gabungan kelompok tani (Gapoltan) di 20 desa tersebut. Namun Ibnu mengaku hingga saat ini belum mengetahui berapa besaran anggaran pencetakan sawah baru yang akan dikucurkan melalui APBN tersebut.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments