Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » Tak Capai Target, Bahrani Sebut Persoalan “Halal-Haram” Pengaruhi Capaian

Tak Capai Target, Bahrani Sebut Persoalan “Halal-Haram” Pengaruhi Capaian

(224 Views) November 1, 2018 4:16 pm | Published by | No comment

Sangatta – Meski sudah melakukan pemunduran jadwal pengehentian imunisasi massal vaksin Measles Rubella (MS) tahap dua, dari September ke Oktober, namun cakupannya hanya dapat mencapai tujuh puluh lima persen, dari target sembilan puluh lima persen target yang ditetapkan Menteri Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Timur, Bahrani Hasanal, yang ditemui usai menghadiri rapat Paripurna di Gedung DPRD Kutai Timur baru-baru ini, mengatakan jadwal Imunisasi massal MR tidak diperpanjang lagi, namun selanjutnya hanya dilakukan pengecekan saja, karena imunisasi tersebut akan masuk menjadi imunisasi dasar, jadi anak yang sudah berusia Sembilan bulan, nantinya akan mendapat imuniasi tersebut.

Sedangkan untuk kendala pencapaian cakupan imunisasi menurut Bahrani, masih dikarenakan persoalan halal haram, meski sudah ada edaran dari MUI, namun banyak dari orang tua yang masih enggan anaknya diimunisasi karena alasan tersebut, selain itu, alasan lainnya dikarenakan masih ada masyarakat yang belum sadar, pentingnya imuniasi MR.

Bahrani menyesalkan pilihan tersebut, karena menurutnya anak yang tidak mendapatkan imunisasi MR, dapat mengakibatkan kerugian untuk orang lain, karena jika Ia terjangkit, maka bisa juga menularkan ke yang lain.

Seperti diketahui vaksin MR diberikan agar anak memiliki kekebalan terhadap penyakit yang disebabkan virus rubella, yakni bias menyebabkan ruam menyerupai campak pada kulit, radang selaput lender. Sedangkan jika menginfeksi wanita hamil di trimester pertama, bisa mempengaruhi pertumbuhan bayi, kecacatan, tuli, gagal jantung, dan buta karena katarak.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email

No comment for Tak Capai Target, Bahrani Sebut Persoalan “Halal-Haram” Pengaruhi Capaian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.