Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tak Miliki Alkes Penunjang, RSUD Kudungga Terancam Turun Kelas

Tak Miliki Alkes Penunjang, RSUD Kudungga Terancam Turun Kelas

(296 Views) Oktober 15, 2015 8:24 am | Published by | No comment

Sangatta. Menjadi Rumah Sakit dengan grid Type B sejak bulan Maret lalu , membuat RSUD Kudungga Kutai Timur perlu segera berbenah. Pasalnya sejumlah peralatan medis yang tersedia saat ini masih kurang menunjang kelas rumah sakit yang ada, sementara jika peralatan yang ada tidak memenuhi persyaratan maka tidak menutup kemungkinan tahun depan grid RSUD Kudungga ini akan turun kembali ke type C.

Menurut Direktur RSUD Kudungga Kutim dr Bahrani Hasanal, saat ini RSUD Kudungga memerlukan beberapa alat kesehatan (Alkes) untuk menunjang grid Type B rumah sakit. Seperti peralatan canggih CT Scan dan alat cuci darah. Sementara itu, seiring dengan meningkatnya penanganan kasus operasi, saat ini RSUD Kudungga memerlukan tambahan lampu operasi.

Dikatakan Bahrani, RSUD Kudungga kini memiliki 2 kamar operasi utama dan 1 kamar operasi kecil. Dari 2 kamar operasi utama yang ada sekarang hanya 1 kamar yang bisa dipergunakan karena memliki kelengkapan lampu operasi. Walaupun memiliki lampu operasi cadangan, namun lampu tersebut termasuk jenis yang kecil dan hanya dapat digunakan untuk kamar operasi kecil dan hanya digunakan untuk operasi dengan tingkat resiko yang kecil seperti operasi mata dan kulit.

Lanjut Bahrani, untuk 1 set lampu operasi memerlukan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar. Sedangkan untuk peralatan CT Scan dan alat cuci darah bisa menghabiskan anggaran hampir Rp 20 Miliar. Sehingga untuk keperluan pembelian Alkes saja bisa menghabiskan anggaran Rp 20 miliar. Nilai ini tentunya diluar anggaran operasional RSUD Kudungga.

(Voice)

Lebih jauh, Bahrani berharap pemerintah Kutim melalui tim anggaran pemerintah daerah (TPAD) dapat mengalokasikan anggaran untuk pembelian Alkes ini. Minimal dirinya berharap tahun depan semua peralatan kesehatan ini sudah dapat tersedia sehingga RSUD Kudungga tidak terancan turun grid.

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of