Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tak Miliki Visa Kerja, Pemda Akan Usir Tenaga Kerja Asing Illegal dari Kutim

Tak Miliki Visa Kerja, Pemda Akan Usir Tenaga Kerja Asing Illegal dari Kutim

(511 Views) Maret 26, 2015 10:45 pm | Published by | 1 Comment

Sangatta. Sebagai salah satu daerah yang banyak memiliki tenaga kerja asing yang ikut mencari nafkah, sudah sewajarnya jika Kutai Timur mendapatkan pemasukan dari retribusi tenaga kerja asing tersebut.

Menurut Ketua DPRD Kutim Mahyunadi, dengan nanti disahkannya Peraturan Daerah (Perda) Kutim tentang retribusi Tenaga Kerja Asing, maka pemerintah Kutim berhak memungut pajak atau retribusi dari orang asing yang masuk ke Kutim untuk mencari kerja. Perda Retribusi Tenaga Kerja Asing ini akan menjadi dasar hukum dalam melakukan pungutan yang nominal dan aturan mainnya akan diatur melalui Peraturan Bupati atau Surat Keputusan (SK) Bupati.

Namun ujar Mahyunadi, ada baiknya guna optimalisasi peraturan ini, pemerintah daerah perlu melakukan pendataan ulang berapa jumlah real tenaga kerja asing yang kini bekerja dan bermukim di seluruh wilayah Kutim. Hal ini untuk memastikan bahwa seluruh warga negara asing yang menjadi tenaga kerja di Kutim adalah legal atau mereka menggunakan visa kerja dan bukan visa wisata.

Dan jika ada diantaranya yang menggunakan visa wisata, maka seperti yang berlaku di negara lain, Pemda Kutim akan mendeportasi atau memulangkan tenaga kerja illegal ini ke negara asalnya melalui Pemerintah Pusat. Hal ini karena menyangkut pendapatan daerah dan juga pendapatan negara.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments