Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Tidak Setara, Kenaikan IPM Diikuti Kenaikan Jumlah Kemiskinan Di Kutim

Tidak Setara, Kenaikan IPM Diikuti Kenaikan Jumlah Kemiskinan Di Kutim

(37 Views) Mei 6, 2020 11:43 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ir H. Ismunandar MT pada penyampaian laporan  keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran (TA) 2019 mengatakan, peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM) harusnya menurunkan angka kemiskinan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Ismunandar saat membacakan LKPJ 2019, dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kutim, Rabu (6/5/20), yang dipimpin Ketua DPRD Kutim Encek UR Firgasih disaksikan, Wakil Ketua I Asti Mazar Bulang, Wakil Ketua II Arfan, Wabup Kasmidi Bulang.

Diuraikan Ismu, Jumlah penduduk miskin pada tahun 2018 sebanyak 33. 024 orang meningkat menjadi 35. 310 orang atau pada tahun 2019 meningkat 2.286 0rang dibanding tahun 2018 atau persentase kemiskinan meningkat sebesar 0,26 persen. Jika menarik garis besarnya, yakni 9,22 pada tahun 2018 meningkat menjadi 9,8 % pada tahun 2019.

Sementara, angka IPM Kutai Timur 2018 mencapai 72,56 % meningkat menjadi 73,49 pada tahun 2019. Dikatakan Ismu, kenaikan IPM ini dipengaruhi oleh kenaikan 3 variabel yaitu variabel kesehatan, pendidikan, dan kemampuan daya beli.

Dari kenaikan IPM terjadi kenaikan jumlah penduduk miskin di Kutim yang berasal dari data Badan pusat statistik (BPS), bukan dari data Bappeda. Biasanya, kenaikan ini selalu berbanding terbalik dengan adanya pertambahan jumlah penduduk miskin. Untuk itu, ini akan menjadi kajian kedepan. Seharusnya jika IPM naik, maka seharusnya angka kemiskinan berkurang pula.

Ditambahkan Ismu, pertambahan angka kemiskinan ini tidaklah secara alami. melainkan jumlah pertambahan kedatangan orang/ migrasi ke Kutim setiap tahunnya yang dipengaruhi mulai dari angka pengangguran karena belum mendapatkan pekerjaan.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of