Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tak Sepeser pun Nilai Aset Perusda PT KTI hingga KMEB Terdaftar di Bagian Perlengkapan dan Aset Pemkab Kutim

Tak Sepeser pun Nilai Aset Perusda PT KTI hingga KMEB Terdaftar di Bagian Perlengkapan dan Aset Pemkab Kutim

(641 Views) Oktober 19, 2015 8:52 am | Published by | No comment

Sangatta. Luar biasa, dana ratusan miliar rupiah aset milik PT Kutai Timur Investama (KTI) yang merupakan perusahaan milik daerah (Perusda) bentukan Pemkab Kutai Timur ternyata tidak satupun asetnya terdata di Bagian Perlengkapan dan Aset Daerah Kutai Timur.

Menurut Kabag Perlengkapan dan Aset Daerah Setkab Kutai Timur M Alfian didampingi Kasubid Pengelolaan Aset Daerah Teddy Febrian, selama ini tidak satupun aset milik Perusda PT KTI yang terdata di bagian perlengkapan dan aset daerah. Bahkan saat pembentukan tim likuidasi, PT Kutai Timur Energi (KTE) yang merupakan anak dari perusahaan PT KTI pun tidak melaporkan nilai aset yang ada baik kepada PT KTI maupun kepada Pemkab Kutim. Malahan dipertengahan jalan dibentuk lagi sebuah anak perusahaan baru yakni PT Kutai Mandiri Energi Baru (KMEB).

Dikatakan Teddy, memang sejak terbentuknya PT KTI hingga KMEB, bagian perlengkapan dan aset daerah Setkab Kutai Timur tidak pernah terlibat dan dilibatkan dalam hal pendataan maupun pengelolaan asetnya. Pihak perusda ini kemungkinan hanya melaporkan data asetnya ke Bagian Ekonomi Setkab Kutai Timur. Walaupun demikian, diakui Teddy pihaknya malahan pernah membantu meminjamkan beberapa unit mobil untuk keperluan operasional PT KTI.

(voice)

Sebagaimana diketahui, polemik divestasi saham PT Kaltim Prima Coal (KPC) sebesar Rp 576 miliar yang menjadi milik Pemkab Kutim dan diinvestasikan kembali kepada Perusda PT KTE, pada ujungnya hanya menjadi polemik dan menjadi kasus korupsi berkepanjangan yang sudah memakan banyak korban. Bahkan sejumlah aset yang dibangun perusda ini seperti bangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Batubara (PLTGB) Kabo yang dibangun dan digadang-gadang menjadi sumber listrik bagi ribuan masyarakat Kutim, kini pada penghujungnya mangkrak dan menjadi rongsokan besi tua tanpa sempat diselesaikan dan beroperasi.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments