Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tambah Kapasitas Produksi Air Bersih, PDAM Sangatta Gunakan Dana Mandiri

Tambah Kapasitas Produksi Air Bersih, PDAM Sangatta Gunakan Dana Mandiri

(449 Views) November 29, 2015 3:20 pm | Published by | No comment

Sangatta. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua Sangatta kembali melakukan penambahan kapasitas Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kabo. Akhir tahun ini PDAM menambah lagi kapasitas sebesar 50 liter per detik. Sehingga total kapasitas yang dimiliki PDAM Sangatta akan mencapai 290 loter per detik. Demikian dikatakan Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Sangatta Aji Mirni Mawarni.

Melalui sambungan telepon, dirinya menjelaskan dengan penambahan daya ini, diharapkan masyarakat Sangatta pada khususnya dapat terlayani sepenuhnya. Selain akan mengurangi jumlah daftar tunggu PDAM yang masih menggunung, penambahan kapasitas ini juga akam meyuplai sepenuhnya kebutuhan air bersih bagi rumah sakit umum daerah (RSUD) Kudungga Sangatta, yang selama ini terus mengalami penggiliran jatah suplai air. Selain itu juga, dengan selesainya penambahan kapasitas ini khususnya bagi Kota Sangatta tidak lagi terjadi penggiliran suplai air per wilayah selama 3 hari sekali, seperti yang kini dilakukan karena suplai air bersih akan dilakukan selama 24 jam non stop.

Dikatakan Mawar, dengan penambahan kapasitas ini tidak terlalu pempengaruhi biaya produksi terutama dalam pembelian bahan bakar solar untuk genset. Hal ini karena kapasitas sebelumnya juga sudah cukup besar yakni lebih dari 230 liter per detik dan hanya menambahkan 50 liter per detik.

(voice)

Lebih jauh Mawar mengatakan, dengan menelan biaya pembangunan hingga Rp2 miliar, anggaran untuk penambahan kapasitas IPA Kabo ini murni dari anggaran yang disisipkan oleh PDAM Sangatta sendiri dan bukan dari anggaran yang dikucurkan pemerintah melalui APBD. Pihaknya menyicil anggaran ini selama 2 tahun dengan melakukan efisiensi pembelian bahan kimia dan memperketat perjalanan dinas karyawan. Selain itu, sistem ini juga hasil studi PDAM Sangatta ke PDAM Banjarmasin yang juga melakukan sistem yang sama dalam penganggaran.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments