Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » Tangani 13 Kasus DBD, Dinkes Himbau Masyarakat Lakukan 3 M Plus

Tangani 13 Kasus DBD, Dinkes Himbau Masyarakat Lakukan 3 M Plus

(139 Views) Maret 13, 2018 5:37 pm | Published by | No comment

 

Sangatta – Sejak awal Januari lalu, Setidaknya ada tiga belas kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ditangani Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kutai Timur. Tujuh kasus terjadi pada Januari lalu,  enam kasus pada Februari , dan Maret sebanyak tiga kasus DBD.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kutai Timur, dr. Yuana Sri Kurniati, dari tiga belas kasus yang terjadi sejak Januari lalu, baru dilaksanakan fogging pada tujuh lokasi, karena fogging bukanlan cara yang efektif untuk memberantas nyamuk penyebab DBD. Masyarakatlah yang wajib menjaga kebersihan lingkungan dengan gerakan 3M Plus, pemberantasan sarang nyamuk yang lebih utama harus dilakukan.

Yuana menambahkan, Fogging tidak efektif, kerana hanya berfungsi untuk membunuh nyamuk dewasa sedangkan jentik-jentik nyamuk tidak ikut terbunuh, selain itu tidak keseluruhan nyamuk dewasa mati pada saat difogging, biasanya ada yang hanya melemah saja, kemudian dapat meneruskan hidup kembali. Nyamuk yang selamat dari tindakan fogging tersebut menjadi nyamuk dengan genetika yang kuat dan kebal terhadap fogging, sehingga pada perkembangannya nyamuk tersebut dapat berkebang biak dan menghasilkan nyamuk yang kebal terhadap fogging.

Dalam penanganan DBD, peran masyarakat sangat menentukan, oleh karena itu gerakan 3M perlu terus dilakukan yakni, Menguras, Membersihkan tempat penampungan yang biasa terisi air, Menutup yakni menutup rapat tempat penampungan air agar tidak jadi tempat berkembang biak nyamuk, dan Mendaur Ulang barang bekas yang memiliki potensi tempat berkembangnya nyamuk, sedangkan 3M Plus adalah segala bentuk pencegahan seperti menabur bubuk larvaasida pada penampungan air dan menggunakan kelambu atau obat nyamuk saat tidur.

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

No comment for Tangani 13 Kasus DBD, Dinkes Himbau Masyarakat Lakukan 3 M Plus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.