Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tanggal 4 Juli, Kemenag Laksanakan Sidang Isbat

Tanggal 4 Juli, Kemenag Laksanakan Sidang Isbat

(420 Views) Juni 29, 2016 8:11 am | Published by | No comment

Sangatta – Kementrian Agama Republik (Kemenag) Republik Indonesia Kantor Kabupaten Kutai Timur, dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437 H, akan melaksanakan sidang isbat pada hari senin (4/6) mendatang.

Kepala Kemenag Kabupaten Kutai Timur Fahmi Rasyad, ditemui awak media diruang kerjanya siang tadi, Rabu (29/6) menjelaskan walaupun Kemenag Kutim tidak melihat bulan, namun tetap melaksanakan sidang isbat, yakni dengan melihat disiaran Televisi apa yang disampaikan Pemerintah melalui Kementrian Agama RI. Dia menuturkan jika seandainya pada tanggal 4 Juli 2016 bulan sudah terlihat, maka keesokan harinya sudah dinyatakan lebaran pada hari ke 29, namun jika bulannya belum terlihat, maka bulan Ramadhan akan digenapi 30 hari.

Lebih lanjut, Fahmi mengungkapkan, selama ini di Kutim hanya menjalan sunnahnya saja, karena untuk melihat bulannya susah. Hal itu, karena memang keadaan alam di Kutim menyulitkan untuk bisa melihat bulan meskipun memiliki alat. Karena Kutim merupakan daerah pegunungan dan berkabut, sehingga mengahalangi untuk melihat bulan. Berbeda dengan daerah-daerah di Pulau Jawa.Fahmi menambhakan satu-satunya daerah yang bisa melihat bulan di Provinsi Kalimantan Timur ini adalah Kabupaten Berau, di Pulau Maratua.

Voice Kepala Kemenag Kutim_Fahmi Rasyad

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments