Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Tanggapi Pemindahan Ibukota Negara, Wakil Bupati: Ada Pemerataan Pembangunan Dan Mudah Koordinasi Dengan Pusat

Tanggapi Pemindahan Ibukota Negara, Wakil Bupati: Ada Pemerataan Pembangunan Dan Mudah Koordinasi Dengan Pusat

(70 Views) Agustus 23, 2019 4:09 pm | Published by | 1 Comment

Sangatta – Hadir dalam dialog nasional rencana pemindahan ibukota negara (IKT) ke Kalimantan Timur (Kaltim) di Hotel Novotel Balikpapan, Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang mengatakan, ini  sebuah kebanggaan tersendiri bagi Kutim apabila Kaltim sebagai ibukota negara.

Menurut Kasmidi Bulang, melihat dari sisi positifnya, akan terwujudnya pemerataan pembangunan khususnya di Kutim, selain itu merupakan satu keuntungan bagi daerah lebih mudah koordinasi dengan pusat. dicontohkan Kasmidi, selama ini begitu banyak kegiatan yang mangkrak di Kabupaten Kota disebabkan lemahnya koordinasi antara pusat dan daerah .

Imbas lainnya untuk Kutim menurutnya, harus bangga terlebih dahulu, kapan lagi daerah bisa dekat dengan Ibu kota, jarak yang sangat dekat jika dibandingkan dengan Jakarta yang harus menempuh satu hari karena harus ke Balikpapan lagi. selain itu, daerah dimudahkan bisa memonitor kegiatan dari pusat untuk daerah maupun sebaliknya, selama ini begitu sulit lakukan pemantauan jelas Kasmidi.

Lebih lanjut dikatakan Kasmidi, salah satu proyek nasional yang diberikan untuk Kutim yaitu Tol laut 8 dari tahun 2016, namun sampai hari ini tak kunjung terlaksana karena lemahnya koordinasi. program strategis nasional seperti KEK Maloy di Kutim diyakini akan lebih cepat menjadi kawasan industri yang diandalkan imbas positif dekat ibu kota.

Menurut rencana, persiapan pemindahan ibu kota sendiri akan masuk dalam anggaran 2021 mendatang. oleh karena itu Kasmidi berharap daerah harus punya kesiapan khususnya Provinsi. artinya pemerintah setempat harus mempersiapkan kader- kadernya untuk menempati posisi- posisi yang strategis. tentunya dengan mempersiapkan putera- puteri daerah untuk dapat bersaing dalam jabatan strategis di pemerintah pusat. jangan sampai dirumah sendiri tetapi hanya jadi penonton.

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

1 Komentar for Tanggapi Pemindahan Ibukota Negara, Wakil Bupati: Ada Pemerataan Pembangunan Dan Mudah Koordinasi Dengan Pusat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.